Traveling Aman dan Nyaman ke Malang dengan KA Gajayana

2 min read

Liburan sebentar lagi tiba, sudah waktunya Anda menyusun agenda perjalanan. Bagi Anda yang ingin traveling ke kawasan Malang, maka ini akan menjadi ulasan yang tepat. Seperti diketahui bersama, saat ini PT. KAI mempunyai beberapa rangkaian kereta api, yang melalui jalur atau rute dari Jakarta ke Malang, salah satunya adalah KA Gajayana.

Tentang KA Gajayana

KA Gajayana sendiri adalah salah satu rangkaian kereta api eksekutif dengan rute Jakarta – Malang. Disebut dengan KA eksekutif, lantaran fasilitas yang diberikan oleh KA ini memang benar-benar nyaman, bahkan beberapa diantaranya bisa disebut mewah. Anda yang ingin traveling nyaman dan aman, naik KA Gajayana saja. Pastinya ini akan memberikan sensasi atau pengalaman traveling yang tidak akan terlupakan.

Kereta api ini sendiri akan berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta, hingga ke Stasiun Kota Baru Malang. Mengingat jarak tempuh perjalanannya sendiri sekitar 15 jam, maka kereta api ini hanya melayani 1 kali keberangkatan per harinya.

Fasilitas KA Gajayana

Seperti yang disebutkan selintas di atas, KA Gajayana ini adalah KA kelas eksekutif. Dimana dalam 1 rangkaian kereta api, hanya ada kelas eksekutif dan dan kelas Luxury.

● Kelas Eksekutif

Untuk kereta api eksekutif, kursi yang akan diberikan adalah kursi tipe 2-2. Dalam gerbong tersebut, terdapat sebuah 2 buah toilet (1 toilet duduk dan 1 toilet jongkok), 3 buah TV (yang diletakkan di depan, tengah dan dibelakang), AC central, reclining seat, sandaran kaki, meja makan lipat, 2 buah stop kontak, dan juga rak bagasi. Untuk fasilitas toilet, sudah menggunakan septic tank sehingga mampu meminimalisir suara, ketimbang toilet KA umumnya.

● Kelas luxury

Seperti namanya Luxury, maka fasilitas yang diberikan tentunya lebih nyaman dibandingkan dengan kelas eksekutif. Untuk fasilitas yang diberikan umumnya tidak jauh berbeda dengan kelas eksekutif. Tapi tentunya ada beberapa hal yang berbeda, antara lain fasilitas kursi yang dapat direbahkan, hingga posisi 140%. Posisi kaki yang luas, adanya fasilitas touch screen, USB port, tombol alarm (untuk memanggil pramugari). Untuk mendengarkan musik atau film yang ada di touch screen, Anda dapat meminjam headphone pada pramugari.

Selain itu ada juga fasilitas tambahan, makanan ringan, air minum mineral serta makan malam.

Sedikit catatan untuk kereta api kelas luxury ini, dalam 1 gerbong kereta, para penumpang akan diberi 1 orang pramugari, yang akan secara khusus melayani penumpang kelas luxury.

● Fasilitas umum

Untuk fasilitas umum Anda akan menemukan restorka dan Mushola. Dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Kini restorka, mengadopsi menjadi sebuah dapur kering, yang artinya, tidak ada proses masak memasak selama berada di dalam gerbong. Adapun makanan dan minuman yang ditawarkan pada para penumpang, umumnya adalah makanan cepat saji, yang disimpan di dalam freezer, dan akan dimasukkan ke dalam Microwave ketika akan disajikan. Ada juga beberapa buah meja dan kursi makan, yang dapat digunakan oleh para penumpang, untuk makan dan minum di restoran tersebut.
Mushola yang ada di tempat ini terbilang nyaman, dan letaknya persis di gerbong restorka. Fasilitas yang ada ini, dibuat untuk 1 orang, dan sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain seperti mukena dan yang lainnya.

Tips naik KA Gajayana

Sedikit tips untuk Anda yang ingin traveling menggunakan KA Gajayana adalah, cek dan pilih fasilitas yang ingin digunakan atau bahkan dicicipi ketika ingin traveling ke Malang, mengingat fasilitas kereta yang ada di KA ini ada 2 macam. Selain itu pastikan juga barang bawaan Anda tidak terlalu banyak, cukup gunakan maksimal 2 tas, 1 tas kecil, dan tas besar, untuk menyimpan aneka pakaian dan yang lainnya.

Dari ulasan di atas, maka naik KA Gajayana, akan memberikan sensasi bepergian atau traveling yang tidak hanya nyaman, namun terbilang menarik dan bahkan mewah (terutama jika Anda naik gerbong luxury). Jadi Anda yang saat ini ingin traveling secara aman, nyaman atau bahkan mewah, tidak ada salahnya jika Anda naik KA Gajayana saja. Apalagi jika berangkat traveling langsung setelah pulang kantor. Maka perjalanan berlibur akan terasa sangat menyenangkan. Anda dapat menikmati perjalanan sekaligus beristirahat secara lebih nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *