Advertorial

6 Tips Memilih Mobil Double Cabin Bekas Terbaik

Double Cabin

6Double cabin ini merujuk pada mobil yang memiliki dua kabin. Mobil double cabin adalah mobil yang memiliki bentuk seperti mobil pick up namun dengan rancangan desain dan model yang modern dan elegan. Meskipun memiliki bentuk yang hampir sama dengan mobil pick up, mobil jenis ini memiliki beberapa perbedaan. Salah satunya adalah pada jumlah kabin.

Mobil pick up hanya memiliki satu kabin yang muat untuk 1-2 orang. Sesuai dengan namanya, mobil double cabin memiliki dua kabin yang muat untuk 4-5 orang. Bar yang ada pada mobil ini juga tidak terlalu luas. Selain digunakan untuk mengangkut barang, Anda juga bisa menggunakannya untuk offroad berkat performanya yang sangat tangguh.

Dengan segala kelebihan dan ketangguhan yang dimiliki, Anda mungkin ingin memilikinya. Namun, karena beberapa alasan, Anda memutuskan untuk membeli yang bekas saja. Untuk itu, sebaiknya Anda cek dulu tips di bawah ini.

  • Periksa BPKB

Di dalam BPKB, Anda akan mengetahui siapa pemilik kendaraan tersebut. Anda perlu mengeceknya untuk tahu pemilik aslinya. Hal ini penting karena nantinya Anda bisa mengidentifikasi beban kerja pada mobil. Apakah digunakan untuk mengangkut beban yang terlalu berat ataukah digunakan untuk melintasi jalan-jalan terjal pegunungan.

  • Cek Kaki-Kaki

Ketika mengecek kondisi kaki-kaki mobil, Anda tidak boleh hanya melihatnya. Anda juga harus turun tangan merasakannya sendiri. Cek kaki-kaki mobil apakah ada sisa-sisa lumpur atau tanah kering di sana.

Mobil yang digunakan untuk kendaraan proyek setiap hari pasti akan menyisakan tanah kering di sana walaupun sudah dibersihkan. Jika masih ada, bisa dipastikan bahwa mobil yang Anda lihat adalah mobil bekas proyek.

Jika diperbolehkan, Anda sebaiknya merasakan langsung kondisi mobil dengan melakukan test drive. Bisa dipastikan mobil itu jebolan proyek jika terdapat keanehan pada stir dan suspensi.

  • Interior

Lihat dengan seksama interior mobil double cabin yang ingin Anda beli. Cek bagian-bagian kecil seperti engsel pintu dan panel-panel tersembunyi yang susah dibersihkan.

Dengan mengecek bagian-bagian ini, Anda akan tahu mobil tersebut bekas digunakan untuk pekerjaan berat seperti proyek atau bukan. Karena mobil jebolan proyek akan ditemukan karat atau bekas tanah yang tidak bisa dihilangkan pada bagian-bagian tersebut.

  • Body dan Bak

Ini adalah bagian termudah yang bisa Anda lihat. Coba perhatikan apakah catnya masih mulus atau sudah di cat ulang, apakah banyak goresan, apakah body-nya ada yang penyok, dan sebagainya.

Hal ini juga berlaku ketika Anda mengecek bagian bak belakang mobil ini. Kondisi bak mobil yang digunakan untuk mengangkut beban yang terlalu berat tidak akan semulus bak mobil yang digunakan untuk mengangkut beban yang ringan.

  • Periksa Kondisi Sasis

Jangan lupa periksa kondisi sasis. Pastikan tidak ada bekas las atau retak di sana. Mobil double cabin yang bekerja berat setiap harinya rawan mengalami patah sasis dan perbaikannya akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, pilihlah mobil yang kondisi sasisnya masih bagus.

  • Cek Mesin

Jangan lupa cek kondisi mesin. Mobil yang sering digunakan untuk kerja berat lama-lama akan berpengaruh pada performa mesin. Mesin yang bagus bisa diketahui dari suaranya. Namun jika Anda tidak yakin, ajaklah seseorang yang tahu tentang mesin mobil untuk menilai.

Nah itulah 6 tips memilih mobil double cabin bekas terbaik. Anda harus pastikan semuanya dalam kondisi terbaik. Jangan karena harga jualnya murah, Anda langsung memutuskan untuk membeli. Cek dulu, siapa tahu mobil yang ditawarkan adalah mobil bekas proyek dengan beban kerja berat setiap hari. Namun jika dana yang dimiliki cukup untuk membeli yang baru, akan lebih baik jika Anda membeli mobil dengan dua kabin dari Toyota.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top