Tips Optimasi SEO Onpage yang Perlu Kamu Ketahui

2 min read

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. Dengan kata lain SEO berarti membuat situs web Anda muncul di halaman pertama mesin pencari ketika Anda mencari kata kunci tertentu.

SEO memainkan peran yang sangat penting dalam membangun sebuah website. Lalu bagaimana cara meningkatkan SEO agar website anda tampil di halaman pertama seperti website idegokil.com? Secara umum, kamu bisa memanfaatkan jasa backlink dari marketplace jual beli backlink seperti Backlink.co.id, atau meningkatkan SEO Onpage dengan memperbanyak konten bermanfaat. Nah, pada artikel kali ini kita akan mempelajarinya bersama-sama.

Dengan menggunakan SEO website kita tidak hanya bisa mendapatkan traffic yang lebih banyak karena website kita muncul di halaman pertama tetapi website kita juga bisa mencapai tujuan yang sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan, baik itu sebagai website jualan, bisnis, atau branding company profile.

Jadi, misalnya bola.com menggunakan SEO dengan baik, maka konten yang disajikan di website ini akan membidik para pecinta sepakbola bukan otomotif atau informasi konser musik. Itulah konsep awal yang harus dipahami oleh setiap praktisi, baik itu blogger, pebisnis, maupun web developer.

Nah, sebelum Anda dapat membuat strategi pemasaran yang hebat dan menjangkau audiens target yang tepat, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting terlebih dahulu dalam SEO. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Meningkatkan SEO

Sebelum mempelajari cara meningkatkan SEO, perlu diketahui bahwa SEO tidak instan. Teknik SEO akan memberikan hasil setidaknya beberapa bulan sebelum Anda dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda. Selain itu analisis data juga sangat penting dalam penerapan SEO.

Umumnya ada dua cara untuk meningkatkan SEO. Pengoptimalan di halaman dan di luar halaman. Optimasi on-page adalah pekerjaan optimasi yang dilakukan dalam lingkup situs web sedangkan optimasi off-page adalah pekerjaan optimasi yang dilakukan di luar lingkup situs web. Inilah contoh dari masing-masing metodenya.

Cara Optimasi SEO Onpage

1.Menulis konten yang menarik
Faktor penting dalam SEO onpage adalah penulisan konten yang unik dan menarik. Selain itu menggunakan judul yang menarik dan konten yang panjang juga sangat penting.

2.Analisis kata kunci yang sesuai
Di sini kata kunci yang sesuai adalah kata kunci dengan peluang jangkauan yang baik. Kata kunci yang memenuhi beberapa karakteristik seperti tingkat kesulitan kata kunci yang rendah dan volume yang rendah. Jadi konten yang menggunakan kata kunci tersebut dapat bersaing dengan konten lain yang menggunakan kata kunci yang sama.

Sebaliknya jika suatu kata kunci memiliki tingkat kesulitan kata kunci yang tinggi maka akan sulit bagi konten yang menggunakan kata kunci tersebut untuk bersaing dengan konten dari situs lain yang menggunakan kata kunci yang sama. Jadi analisis kata kunci memainkan peran penting.

3.Kecepatan Memuat Situs Web
Kecepatan memuat situs web memiliki dampak yang sangat besar terutama dalam hal peningkatan lalu lintas. Umumnya jika website Anda terlalu lambat tidak banyak pengunjung yang mau mengunjungi website Anda. Jadi kecepatan situs web juga turut memainkan peran penting di sini.

4.Tautan ke konten lain
Sangat penting untuk menyertakan tautan ke konten lain dalam konten tema yang sama. Jadi pengunjung konten tertentu dapat mengklik tautan yang disematkan untuk menemukan konten lain dengan konten serupa.

5.URL Pendek dan Berisi Keyword
Gunakan URL yang mudah dibaca yaitu url sederhana dan menyertakan kata kunci utama dari konten yang disajikan. Menerapkan ini akan membuat situs web mudah ditemukan. Akan lebih lengkap juga jika menggunakan permalink yang mudah diingat.

Itulah beberapa cara optimasi SEO onpage yang sangat efektif untuk diterapkan. Sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO, tetapi sejauh ini informasi di atas bisa kamu coba optimalkan terlebih dahulu.

banner Partner Backlink.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.