5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Menyewa Rumah

1 min read

Seiring dengan peningkatan harga properti yang semakin gila-gilaan. Menyewa rumah menjadi solusi hemat bagi keluarga yang ingin mendapatkan hunian layak yang dekat dengan tempat kerja atau lokasi strategis lainnya.

Biaya sewa rumah juga cukup terjangkau untuk kalangan pekerja. Di kota Yogyakarta misalnya, untuk keluarga muda dengan satu anak, Anda bisa mendapatkan rumah kontrakan dengan layak mulai dari Rp10-20 juta per tahun.

Sementara untuk para mahasiswa, sewa rumah dengan 3 sampai 4 kamar tidur terbukti relatif lebih irit biaya dibandingkan jika membayar kamar kos reguler seperti biasanya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menyewa rumah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tips dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan.

 

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Menyewa Rumah

 

1.Ketahui Fasilitas dan Akses Sekitar

Mengetahui akses keluar masuk dan jarak dari fasilitas umum di sekitar tempat tinggal merupakan hal wajib yang harus diperhatikan. Pasalnya, selain sangat membantu ketika terjadi hal-hal darurat informasi tersebut akan sangat bermanfaat.

Biasanya, kondisi rumah dengan akses fasilitas umum yang lebih mudah dan lengkap akan jauh lebih mahal dengan rumah di pelosok. Hal ini wajar dan bisa dimaklumi, jadi tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

2.Baca Perjanjian dengan Cermat

Ketika menyewa rumah, kos, atau kontrakan berbentuk paviliun, biasanya ada nota atau surat yang berisi perjanjian hak untuk menempati. Kendati demikian, hal ini tidak bisa berlaku atau tidak tergantung dengan pemilik hunian.

Adapun keuntungan atau fungsi membaca surat perjanjian adalah untuk mengantisipasi apabila ada aturan bias atau mengada-ada yang dibebankan kepada penyewa. Sebagai contoh, misal terjadi kebakaran, kerusakan, atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

 

3.Lakukan Survei Secara Langsung

Saat ini tidak ada cara yang lebih baik daripada datang dan melakukan survei secara langsung, ketika ingin menyewa rumah. Walaupun teknologi jaman sekarang sudah bisa menghadirkan foto atau bahkan video tour 360 derajat secara virtual, tetapi dengan datang secara langsung kita bisa merasakan aura dan suasana sekitar.

 

4.Bandingkan Harga Sewa

Tidak ada salahnya untuk melihat harga pasaran yang ditawarkan, kemudian membandingkannya dengan biaya sewa rumah di tempat lain. Dengan melakukan perbandingan, Anda akan lebih tenang dan tahu secara pasti harga yang layak untuk Anda bayar.

 

5.Jangan Langsung Menyewa Tahuhan

Dalam beberapa kesempatan, menyewa rumah dalam jangka waktu satu tahun secara langsung memang bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, hal ini justru akan menimbulkan kerugian materi dan waktu jika Anda tidak teliti dalam melakukan survei.

Berdasarkan pengalaman, ketika menyewa rumah selalu ada saja masalah yang ditemui. Mulai dari tetangga yang ribet, kondisi rumah yang tidak nyaman di musim penghujan, hingga faktor non-teknis lainnya yang baru akan terasa setelah beberapa bulan.

Jadi, sebaiknya Anda membayar sewa rumah untuk beberapa bulan kedepan jika rumah yang ditempati masih belum familiar. Sementara itu, jika sebelumnya Anda memang sudah mengetahui karakteristik rumah dan siap dengan segala resiko, sah-sah saja untuk menyewa dengan jangka waktu lebih panjang.

Itulah hal-hal yang biasanya dijadikan pertimbangan sebelum menyewa rumah. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *