4 Tips Pertama Kali Masuk Kerja Agar Tidak Gugup

1 min read

dunia kaerja

Dunia kerja merupakan salah satu lingkungan yang membutuhkan waktu adaptasi tidak sebentar. Maka dari itu tidak heran jika karyawan yang baru bergabung sering kali merasa segan serta overthinking dalam melakukan berbagai hal. Lantas, bagaimana caranya agar kita sebagai karyawan baru bisa cepat beradaptasi dengan kondisi lingkungan kerja perusahaan? 

Ada banyak cara melakukan adaptasi di dunia kerja, misalnya seperti memperkenalkan diri ke rekan kerja, ikut makan siang bersama, atau sekedar membuka obrolan basa-basi untuk mencairkan suasana. 

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari tips dan trik ketika pertama kali masuk kerja agar tidak gugup, berikut sudah kami siapkan artikel pembahasannya khusus untuk Anda.

4 Tips Pertama Kali Masuk Kerja Agar Tidak Gugup

Berdasarkan pengalaman penulis, setidaknya ada empat poin penting yang bisa dijadikan sebagai rujukan ketika masuk dunia kerja. Terutama sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan.

1.Menjadi Pendengar yang Baik

Terkadang menjadi pendengar bisa lebih sulit daripada menjadi seorang pembicara. Di dunia kerja skill mendengarkan adalah salah satu kebiasaan baik yang bisa membuat pekerjaan kita menjadi lancar. Maka dari itu, sebagai karyawan baru Anda juga harus banyak berlatih untuk menjadi pendengar yang baik sehingga lawan bicara bisa menyampaikan ide atau gagasan dengan lebih nyaman.

2.Jangan Sungkan Bertanya

Sebagai anak baru pasti ada rasa sungkan atau malu untuk bertanya ke rekan kerja. Perasaan ini sangat wajar karena kita juga belum lama kenal dengan sifat serta karakter orang-orang di lingkungan kerja. Kabar baiknya, Anda harus menghilangkan perasaan tersebut dengan cara memutus urat malu atau rasa sungkan. Mulailah dengan mengajukan pertanyaan ke rekan kerja terkait kondisi kantor ataupun tentang teknis pekerjaan yang belum Anda ketahui.

Rasa penasaran dan inisiatif Anda bakal menciptakan koneksi tersendiri dari senior atau rekan kerja, karena mereka merasa lebih dihargai serta bisa menyalurkan ilmu dan pengalaman yang mereka miliki.

3.Jangan Takut Membuat Kesalahan

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, tidak terkecuali karyawan yang baru masuk kerja. Maka dari itu, jangan takut untuk membuat kesalahan karena disitulah sebenarnya letak pembelajaran yang sesungguhnya. 

Meski begitu, jika Anda melakukan kesalahan jangan justru mengabaikannya. Gunakan kesempatan tersebut untuk evaluasi dan belajar agar di masa depan kejadian tersebut tidak terulang kembali. Tunjukkan juga sikap tanggung jawab Anda dengan mengakui kesalahan tersebut serta bertanggung jawab terhadap resiko yang akan terjadi. Ingat kejujuran dan rasa tanggung jawab adalah salah satu poin penting dalam dunia kerja.

4.Fokus Pada Hal Positif

Dalam satu hari kerja pasti ada banyak kejadian yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Baik itu kejadian menyenangkan ataupun kejadian yang tidak menyenangkan. Saran dari kami, jika terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan maka Anda harus bisa segera move on dan melupakannya. Jangan terlalu fokus ke kejadian negatif yang bisa membuat semangat kerja Anda turun, di sisi lain fokuskan pikiran ke hal-hal positif di sekitar Anda.

Fokus ke pencapaian positif atau hal-hal yang menyenangkan tidak hanya akan membantu menaikkan mood kerja, melainkan juga bisa menambah kepercayaan diri Anda di lingkungan kantor sehingga proses adaptasi bisa semakin cepat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan di dunia kerja ketika masuk sebagai karyawan baru. Bagaimana, apakah Anda sudah merasa lebih siap untuk memasuki lingkungan kerja? Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *