Ads - After Header

6 Tips Menyiapkan Warisan Untuk Buah Hati Tercinta

idegokil

warisan
warisan

Punya anak tentunya menjadi salah satu anugerah yang tidak ternilai harganya. Namun memang tidak semua orang tua dipercayai oleh Tuhan bisa punya momongan. Karena anak ini adalah hadiah yang sangat istimewa, maka orang tua sendiri pastinya akan mengusahakan yang terbaik untuk buah hati mereka bukan. Termasuk diantaranya adalah dengan mempersiapkan masa depan terbaik untuk mereka, tak jarang juga yang sudah mulai mempersiapkan warisan. Tips menyiapkan warisan ini juga harus diketahui.

Pada dasarnya warisan ini memang bukan sekedar harta saja, melainkan apa saja yang bernilai diberikan oleh orang tua kepada buah hati mereka. Namun memang penting sekali untuk para orang tua dalam mempersiapkan yang terbaik untuk para buah hatinya, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang kebutuhan mereka nantinya akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Terkadang apa yang dihitung sekarang ini cukup, belum tentu untuk masa depan karena memang ada inflasi yang terjadi.

Meskipun sebenarnya anak tidak mengharapkan hal tersebut, namun pada dasarnya harta warisan ini adalah sebuah simbol atau ungkapan dari rasa cinta kasih kepada buah hati, karena orang tua ingin yang terbaik untuk mereka. Berikut ini setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan warisan untuk buah hati Anda yang dapat diikuti, yaitu:

1.Pastikan aset tetap produktif misalkan saja orang tua meninggal pada saat usia buah hati Anda masih kecil yaitu 10 tahun, anak kecil yang ditinggal dengan rumah, tanah ataupun bisnis sudah pasti tidak akan mampu mengelolanya. Mungkin ada keluarga yang ingin membantu, namun bisa jadi ada niat buruk. Namun jika seandainya sudah ada perencanaan secara matang yang dibuat, maka ketika ia sudah dewasa tentu akan lebih mudah untuk mengelolanya.

2.Pembagian aset tersebut dapat dilakukan secara adil dan juga dapat memberikan manfaat kepada penerima, pastinya setiap anggota keluarga harus memiliki hak atas warisan tersebut. sehingga harus diatur sebagaimana mestinya, sehingga kedepannya bisa dibagi secara adil dan dapat memberikan manfaat kepada mereka yang menerimanya.

3.Mencegah terjadinya konflik, hal yang paling sering terjadi berhubungan dengan keuangan tak lain adalah konflik. Karena memang pada dasarnya harta juga bisa membawa petaka. Jadi ketika orang tua masih hidup dua-duanya, maka penting sekali sebelumnya sudah melakukan musyawarah dan harus disetujui oleh semua anggota keluarga, tujuannya agar tidak sampai terjadi konflik.

Tips menyiapkan warisan yang tepat:

  1. Hitung net worth, yaitu kekayaan bersih yang dimiliki oleh keluarga tersebut.
  2. Kaji kondisi keuangan keluarga, hal ini digunakan agar mempermudah menentukan siapa saja yang nantinya dapat menerima warisan.
  3. Cari jasa perencanaan waris, minta bantuan dari yang sudah profesional di bidangnya.
  4. Tentukan siapa saja yang menjadi ahli waris dalam keluarga tersebut.
  5. Menyiapkan rencana waris apalagi jika sudah tidak mampu secara fisik maupun mental untuk mengelolanya.
  6. Menentukan bentuk warisan yang akan diberikan, selain dalam bentuk properti ataupun bisnis maka bisa juga dalam bentuk asuransi yang sudah jelas nominalnya, sehingga akan lebih mudah untuk dibagi.

Itulah setidaknya tips menyiapkan warisan yang dapat dicoba, beli asuransi jiwa seumur hidup dari Allianz, ia menawarkan uang manfaat hingga milyaran rupiah, bisa jadi pilihan paling ideal yang dapat Anda pakai untuk persiapan warisan buah hati di masa depan, atur mulai dari sekarang.

Sumber informasi: https://www.allianz.co.id/explore/yukpahami-tips-menyiapkan-warisn-untuk-masa-depan.html

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer