Tips Mengatasi Biang Keringat yang Mengganggu

1 min read

Biang keringat di wajah bisa terjadi pada orang dewasa. Cara menghilangkan gejala ini bisa dilakukan dengan mandi air dingin atau kompres air dingin untuk penggunaan dalam batas wajar..

Meskipun kebanyakan orang membiarkannya hilang dengan sendirinya, ada beberapa cara menghilangkan keringat buntet. Cara menghilangkan flek kecil di wajah seperti biang keringat juga relatif mudah. Jadi Anda tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang untuk melakukan hal ini.

Mengenal Penyebab Biang Keringat

Biang keringat terjadi ketika kelenjar keringat berlebih di tubuh tersumbat hingga kulit memerah dan muncul ruam panas.

Gejala biang keringat termasuk bintil gatal yang menyakitkan dengan bintil merah yang terlihat. Aktivitas dan kondisi yang dapat menyebabkan ruam panas dari biang keringat di antaranya meliputi:

  • Tinggal di tempat tidur terlalu lama karena sakit
  • Memakai terlalu banyak lapisan pakaian dalam cuaca panas
  • Menggunakan obat-obatan tertentu seperti diuretik psikotropika dan obat-obatan untuk penyakit Parkinson.
  • Mengenakan pakaian yang sangat ketat yang membuat keringat sulit menguap.
  • Tinggal di lingkungan yang panas dan lembab

Tips Efektif Menghilangkan Biang Keringat

Biang keringat tidak hanya terjadi pada bayi biang keringat juga terjadi pada orang dewasa. Pada orang dewasa biang keringat biasanya sembuh dengan sendirinya.

Tetapi jika itu terjadi di area wajah Anda lain cerita. Pasalnya munculnya ruam kecil di wajah bisa mengurangi rasa percaya diri saat bertemu orang lain.

Menurut NHS ada banyak cara untuk menghilangkan sensasi terbakar di wajah Anda dengan cepat tanpa menunggu. Berikut cara menghilangkan rasa panas yang mengganggu pada wajah orang dewasa agar kulit kembali sehat seperti semula.

1.Mandi Air Dingin
Salah satu cara menghilangkan biang keringat di wajah adalah dengan mandi air dingin. Cara ini bisa membantu menghilangkan flek kecil seperti biang keringat di wajah. Anda bisa mandi dengan air dingin dan sabun lembut.

Hindari mengeringkan kulit dengan handuk setelah mandi. Kemudian biarkan kulit mengering dengan sendirinya. Cara yang satu ini selain mudah juga bisa membantu menurunkan suhu tubuh saat kondisi panas.

2.Kompres air dingin
Cara lain untuk menghilangkan ruam panas di wajah adalah dengan kompres dingin. Basahi lap dan handuk bersih dengan air dingin atau es batu lembut. Peras airnya sampai kain atau handuk terasa lembab. Oleskan kompres ke area wajah selama 15-20 menit untuk mendapatkan efek maksimal.

Anda bisa mengulangi cara menghilangkan flek wajah seperti biang keringat beberapa kali sehari. Ingatlah untuk membiarkan kulit yang baru dikompresi kering dengan sendirinya dengan air dingin.

3.Menggunakan Salep
Jika kedua cara menghilangkan ruam panas di wajah tidak menghilangkan gejalanya Anda bisa menggunakan salep ruam panas berupa salep yang mengandung hidrokortison atau triamsinolon.

Antihistamin juga dapat digunakan untuk meredakan ruam wajah seperti biang keringat. Perawatan biang keringat ini sangat membantu dalam menghilangkan panas magnetis dari gatal-gatal.

4.Oleskan lidah buaya
Cara alami menghilangkan biang keringat di wajah adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah bahan alami dengan sifat antiseptik atau antibakteri anti-inflamasi.

Jadi selain lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Manfaat lidah buaya untuk kulit juga dapat mencegah infeksi.

Untuk menggunakannya Anda perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit Anda. Namun Anda tetap perlu berhati-hati karena bahan alami ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Mulai sekarang Anda tidak perlu panik saat mengalami biang keringat. Gunakan metode yang berbeda untuk menghilangkan gangguan biang keringat sehingga bisa cepat pulih. Smeoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.