Tips Memilih HP Samsung di Bawah 2 Juta Sesuai Kebutuhan

1 min read

HP Samsung

Tidak dipungkiri lagi, Samsung merupakan salah satu vendor smartphone terkemuka yang eksistensinya sudah diakui para pengguna di seluruh dunia. Hingga saat ini setidaknya sudah ada puluhan produk dan tipe HP Samsung yang tersedia. Mulai dari seri entry-level atau dibawah 2 juta, mid-range atau kelas menengah, hingga varian flagship yang menjadi lini andalan perusahaan.

Di antara berbagai produk HP Samsung, tentu para pengguna semakin dibuat bingung untuk menentukan ponsel manakah yang terbaik bagi mereka. Nah, untuk memudahkan Anda, berikut ini sudah kami rangkum rekomendasi HP Samsung di Bawah 2 juta lengkap dengan tips cara memilih dan menentukan HP Samsung terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Penasaran ada apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

 

1.Perhatikan Chipset yang Digunakan

Chipset pada smartphone mempengaruhi masa pakai untuk jangka waktu panjang. Spesifikasi chipset akan terasa pengaruhnya ketika Anda menggunakan ponsel untuk aktivitas berat, mulai dari main game, editing, hingga melakukan perekaman video berkualitas tinggi.

Untuk HP Samsung kelas flagship, biasanya menggunakan chipset Samsung Exynos dan Qualcomm Snapdragon sebagai jeroan utama. Sementara untuk entry level ada yang menggunakan chipset MediaTek versi paling atas agar menekan biaya produksi.

 

2.Layar Super AMOLED atau IPS?

Kebutuhan smartphone tiap orang berbeda-beda, begitu juga dengan layar ponsel yang memiliki jenis dan tipe beragam. HP Samsung sendiri rata-rata menggunakan dua jenis panel yang bisa dipilih oleh konsumen, untuk panel HP Samsung tipe entry-level dan midrange biasanya menggunakan panel IPS. Sementara untuk ponsel seri high end rata-rata menggunakan panel Super AMOLED dengan kelebihan pada tone warna serta kualitas tampilan yang lebih optimal.

 

3.Layanan Garansi

Soal garansi, Samsung memang termasuk vendor yang paling mudah karena sudah memiliki service center di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dll. Sebelum membeli HP Samsung pastikan Anda sudah menanyakan, apakah garansi resmi atau hanya garansi distributor.

HP Samsung
HP Samsung

4.Jatah Update Software

Update Software merupakan salah satu faktor penting yang membuat smartphone tetap relevan seiring waktu berjalan. Dengan update software kita bisa ikut menikmati fitur baru yang ditawarkan tanpa harus membeli ponsel versi terbaru.

Uniknya, jatah update untuk tiap seri HP Samsung bisa dibilang berbeda-beda. Dalam hal ini semakin tua versi tersebut keluar maka jatah update akan semakin pendek. Untuk ponsel Samsung dibawah 2 Juta Anda akan mendapatkan update secara berkala  dengan kisaran satu sampai dua tahun.

Solusinya, Anda bisa membeli HP Samsung terbaru dengan rentang waktu rilis kurang dari enam bulan. Dengan begitu, selain harganya sudah relatif lebih rendah jatah updatenya juga tidak terlalu pendek. 

5.Kapasitas Memori yang Dibutuhkan

Sudah bukan rahasia lagi jika smartphone memiliki besaran kapasitas yang dibatasi. Maka dari itu, sejak awal sebelum melakukan pembelian Anda dituntut harus bisa mengukur kebutuhan sehari-hari dari segi penggunaan.

Misalnya, untuk kebutuhan game maka dibutuhkan banyak space penyimpanan karena setiap ada update game smartphone memerlukan ruang yang semakin besar. Hal serupa juga bisa berlaku untuk kebutuhan video editing dan mobile fotografi yang kerap kali memerlukan space penyimpanan ekstra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *