5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Ibadah Haji

3 min read

umroh

Sebelum ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, setiap calon jamaah harus melakukan persiapan dengan matang. Penting sekali melakukan persiapan mulai dari persiapan fisik hingga perlengkapan yang harus dibawa ke tanah suci. Selain itu juga perlu mempersiapkan rekening karena ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran dalam perjalanan.

Persiapan Sebelum Berangkat Haji

Persiapan yang matang sangat berpengaruh terhadap ketenangan dan kenyamanan dalam melakukan ibadah haji. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan termasuk mempersiapkan rekening agar ibadah terasa tenang:

  1. Belajar Tentang Ibadah Haji

Persiapan pertama yang wajib dilakukan oleh setiap calon jamaah haji adalah belajar tentang ibadah haji. Ibadah yang satu ini tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, akan tetapi harus memiliki ilmu yang cukup. Anda dapat belajar mengenai tata cara ibadah haji mulai dari keberangkatannya sampai kepulangan dari tanah suci.

 Belajar mengenai ibadah haji dapat dilakukan dengan metode manasik haji yang wajib dilakukan sebelum keberangkatan. Belajarlah dari para ustad atau kyai agar sesampainya di tanah suci Anda dapat melakukan ibadah dengan khusuk dan benar.

  1. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Persiapan berikutnya sebelum mempersiapkan rekening dan biaya adalah Anda juga harus mempersiapkan kesehatan fisik dan mental. Kesehatan merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh calon jamaah haji apabila ingin beribadah ke tanah suci. Anda harus benar-benar memastikan jika tubuh dalam kondisi yang sehat dan siap untuk menjalani ibadah di sana. Jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat serta hindari stres supaya kesehatan mental juga selalu terjaga.

  1. Mempersiapkan Bawaan

Barang bawaan juga tidak lupa untuk dipersiapkan dengan detail. Anda harus mempersiapkan barang bawaan yang sekiranya dibutuhkan selama melakukan ibadah di tanah suci. Perlu untuk diketahui bahwa Anda akan berada di tanah suci sekitar 40 hari. Persiapkan barang bawaan secukupnya namun jangan sampai ada yang tertinggal.

Siapkan koper yang akan digunakan untuk membawa pakaian dan perlengkapan ganti. Anda juga harus mempersiapkan makanan kering serta obat-obatan. Mintalah bantuan saling mengingatkan dengan saudara atau keluarga yang juga berangkat agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan lupa untuk mencatat apa saja yang harus dibawa dan buatlah ceklis untuk lebih mudah dalam memanajemen barang bawaan.

  1. Menyiapkan Uang

Rekening dan memang perlu dipersiapkan untuk nantinya ditukarkan dengan uang Arab Saudi. Sebelum berangkat Sebaiknya Anda sudah menukarkan uang rupiah dengan uang riyal. Jangan sampai Anda lupa menukarkan uang. Apabila ingin membeli sesuatu di sana, uang yang berlaku adalah uang riyal. 

Melakukan penukaran uang sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan stok. Di saat musim haji, akan sangat banyak orang yang menukarkan uang sehingga stok uang riyal bisa saja habis.

Selain menukar uang cash, Anda juga bisa mempersiapkan rekening atau ATM dari bank yang dapat digunakan di Arab Saudi. Dengan memanfaatkan PermataTabungan iB Haji Anda akan merasa tenang dengan persiapan uang sebelum berangkat beribadah ke tanah suci.

Dengan mempersiapkan rekening dan uang, maka apabila ingin membeli oleh-oleh atau tiba-tiba membutuhkan sesuatu saat berada di sana, Anda tidak akan merasa kebingungan.

  1. Persiapkan Alat Komunikasi dan Identitas Diri

Hal penting lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah mempersiapkan alat komunikasi. Jangan lupa untuk membawa handphone dan penuhi kuota internet beserta pulsanya.

Ponsel akan sangat membantu apabila Anda mengalami masalah ketika menjalankan ibadah haji, misalnya saja tersesat. Simpan nomor telepon yang kiranya akan dibutuhkan saat berada di tanah suci.

Persiapan ibadah haji memang sebaiknya dilakukan dengan serius. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan mengenai rencana kegiatan dan juga mempersiapkan hati dengan niat yang benar.

Jika Anda ingin merencanakan ibadah haji sebaiknya Anda memanfaatkan PermataTabungan iB Haji. Dengan memanfaatkan produk dari PermataBank ini, Anda dapat merencanakan ibadah haji dengan lebih nyaman. Anda juga dapat membuka rekening bank permata jika ingin menikmati produk yang satu ini. 

Keuntungan Menggunakan PermataTabungan iB Haji

Para nasabah yang memanfaatkan PermataTabungan iB Haji merasa senang karena memberikan banyak kemudahan. Adapun beberapa keuntungan yang didapatkan apabila Anda memanfaatkan tabungan haji ini antara lain:

  1. Pasti Berangkat Haji

Anda tidak perlu khawatir mengenai keberangkatan karena jika menggunakan tabungan ini maka sudah dipastikan berangkat haji. Jadwal keberangkatan didapatkan langsung dari Kemenag Republik Indonesia.

Perlu untuk Anda ketahui juga bahwa antrian keberangkatan di tiap wilayah berbeda-beda. Dihitung sejak Anda mendapatkan porsi pembayaran 25 juta setelah mendaftar haji, akan mengantri kurang lebih selama 20 tahun lebih.

Untuk Anda yang mendaftar di Jakarta, antriannya bisa sekitar 23 tahun. Selain itu, di provinsi lain bahkan ada yang di atas 30 tahun. Namun memang rata-rata untuk antrian di seluruh wilayah Indonesia adalah di atas 20 tahun.

  1. Setoran Awal Ringan

Untuk bisa berangkat haji Anda tidak harus melakukan setoran dengan jumlah besar. PermataTabungan iB haji, setoran awal yang harus dibayarkan sangatlah ringan yaitu Rp250.000, sedangkan untuk setoran berikutnya hanya Rp50.000.

Memilih tabungan khusus untuk ibadah haji jelas berbeda dengan tabungan biasa. Hal ini dikarenakan tabungan khusus haji terhubung dengan sistem komputer Haji milik pemerintah atau SISKOHAT. Sedangkan untuk tabungan biasa tidak terkoneksi dengan SISKOHAT.

  1. Bebas Biaya Administrasi

Anda bisa menikmati segala kenyamanan dalam merencanakan tabungan ibadah haji karena PermataTabungan iB Haji bebas biaya administrasi.

  1. Mudah Bertransaksi

Anda juga bisa merasakan kemudahan bertransaksi karena bisa dilakukan di seluruh kantor cabang PermataBank. Bahkan bisa juga langsung melalui kementerian agama karena sudah bekerja sama dengan PermataBank Syariah.

Sejak tahun 2019, PermataBank juga sudah menyediakan aplikasi PermataMobile X yang memudahkan setiap nasabah untuk membuka tabungan haji melalui handphone. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi datang ke kantor cabang PermataBank Syariah.

Cara membuat rekening bank juga terbilang mudah. Sekarang Anda dapat merencanakan ibadah haji dengan nyaman bersama dengan PermataBank.

Demikian beberapa persiapan penting yang harus dilakukan sebelum berangkat haji. Persiapkan semuanya dengan baik termasuk rekening tabungan Anda agar perjalanan ibadah haji berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *