Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Darah Rendah

1 min read

Risiko tekanan darah rendah mirip dengan tekanan darah tinggi dan merupakan masalah serius yang perlu segera ditangani. Tekanan darah rendah secara medis disebut hipotensi. Tekanan darah pada pasien hipotensi kurang dari 90/60 mm/Hg.

Tekanan darah rendah adalah ketika tekanan darah di arteri lebih rendah dari biasanya. Meskipun sering diasumsikan sama, sejatinya tekanan darah rendah berbeda dengan anemia.

Lantas, apakah penyebab utama darah rendah, apakah bahaya darah rendah bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan tertentu? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Masih banyak orang yang menyepelekan bahaya tekanan darah rendah. Penyakit ini dianggap lebih berbahaya daripada tekanan darah tinggi. Tahukah Anda bahwa tekanan darah rendah merupakan faktor risiko nyata kematian?

Seseorang dengan tekanan darah rendah berisiko pingsan jika bangun tiba-tiba. Mengutip Kompas.com Orang dengan tekanan darah rendah yang alergi terhadap produk penisilin dan menerima antibiotik bersamaan dengan produk tersebut dapat mengalami pingsan mendadak.

Pingsan mendadak juga bisa terjadi pada orang dengan tekanan darah rendah yang tidak memiliki gejala. Risiko tekanan darah rendah mengurangi suplai oksigen dan nutrisi ke otak. dan organ vital lainnya hingga berisiko meninggal.

Anda tidak bisa mengabaikan resiko pendarahan hebat bukan? Ambil tindakan pencegahan dengan menghindari hal-hal berikut yang menyebabkan tekanan darah terlalu rendah.

Penyebab Tekanan Darah Rendah

1.Efek Samping Obat
Beberapa obat dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Antidepresan seperti beta-blocker dan obat lain yang merangsang buang air kecil. Konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan obat untuk mencegah hal ini, ya.

2.Penyakit jantung
Penyakit jantung dapat menyebabkan pembuluh darah di dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik. Inilah yang menyebabkan tekanan darah rendah.

3.Alergi
Beberapa alergen dapat menyebabkan reaksi hipotensi. Kondisi ini umumnya dialami oleh penderita alergi makanan atau zat tertentu.

4.Kehamilan
Selama 24 minggu pertama kehamilan biasanya Anda akan mengalami penurunan tekanan darah atau tekanan darah rendah.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Meski penderita tekanan darah rendah sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan, namun mereka perlu berhati-hati. Penyakit ini dikatakan memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

– Makanan Cepat Saji
Tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah besar. Karena makanan cepat saji mengandung lemak jenuh yang tinggi. Selain itu nutrisinya relatif rendah dan mengandung banyak gula dan banyak garam. Untuk itu tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah untuk mengkonsumsinya karena nutrisinya tidak terserap dengan baik.

– Berbagai Macam Gorengan
Makanan yang digoreng merupakan salah satu makanan yang dilarang jika terjadi tekanan darah rendah. Gorengan merupakan makanan yang disukai banyak orang karena memiliki tekstur yang renyah dan dapat dinikmati di segala cuaca.

Namun penggunaan minyak yang berlebihan saat menggoreng dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh dan selanjutnya menurunkan tekanan darah.

– Makanan dengan Rasa Pedas
Makanan yang dilarang untuk hipotensi adalah makanan yang memiliki rasa pedas. Rasa pedas biasanya diperoleh dengan menambahkan sejumlah besar cabai rawit dan lemon atau merica ke dalam masakan.

Selain itu makanan yang sangat pedas dapat membahayakan lambung. Akibatnya penderita tekanan darah rendah kehilangan nafsu makan tubuh kekurangan nutrisi tekanan darah menurun.

Ada banyak makanan yang dilarang bagi penderita darah rendah karena menurunkan tekanan darah saat dimakan. Kini saatnya mengubah pola makan agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena tekanan darah rendah.

banner Partner Backlink.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.