Area Pembuangan Sampah Wajib Dilengkapi Paket CCTV, Apa Tujuannya?

2 min read

sampah

Paket CCTV di area tempat pembuangan sampah sementara maupun akhir sangat penting untuk dipasang. Karena di lingkungan tersebut banyak buldozer dan alat-alat berat seperti truk serta mesin pengolah sampah. 

Belum lagi, aktivitas dari pekerja di tempat pembuangan sampah memang sangat sibuk dan suasananya hiruk pikuk. Karena itulah, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada TPS atau TPA yang skalanya sedang atau menengah. 

Catatan Kasus Akibat TPA Tidak Dipasangi CCTV

Banyak catatan kasus yang ironis saat membuka kembali kenangan tentang akibat sebuah lokasi pembuangan sampah tidak dilengkapi CCTV. Misalnya saja bulan Mei tahun 2021 kemarin, harian Kompas mengabarkan bahwa ada nenek berusia 65 tahun yang meregang nyawa akibat tertimbun sampah ketika memulung. 

Ini terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamanggapa, Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tentunya, masih banyak kejadian lain yang sifatnya ironis di tempat pembuangan sampah. Karena itulah, penting untuk melakukan upaya preventif berupa memasang kamera CCTV supaya kejadian seperti itu tidak terulang lagi. 

Bagian di Tempat Pembuangan Sampah yang Perlu Dipasang CCTV

Apa saja bagian di tempat pembuangan sampah yang perlu dipasang CCTV? Ternyata, ada beberapa titik yang bisa menjadi rekomendasi bagi para pengelola TPS maupun TPA. Berikut adalah 3 spot yang biasanya rawan dan harus dipasangi kamera CCTV. 

  • Tempat Peletakan Sampah Baru

Sampah baru bisa didatangkan dari truk-truk di berbagai daerah. Karena itu, agar prosedur yang dilakukan sudah benar dan tidak ada orang yang tertimpa berton-ton sampah maka pastikan untuk meletakkan CCTV di sana. 

  • Di Area Dekat Alat Berat

Selain truk dan pick up yang biasanya membawa sampah rumah tangga maupun dari jalanan dan pasar, ada juga aneka alat berat yang biasanya digunakan. Alat-alat tersebut kerap dipakai untuk mengeruk sampah dan memindahkan ke tempat lain. Baik yang akan didaur ulang maupun untuk diproses akhir. 

Di area dekat alat berat, Anda bisa meletakkan CCTV yang berkualitas. Tujuannya agar perekaman bisa semakin optimal dan meskipun malam hari tetap bisa dilakukan perekaman. Selain itu, karena banyak hiruk pikuk pekerja dan pemulung di area tersebut, maka sangat dianjurkan bagi pengelola untuk menggunakan kamera yang sistem renderingnya kuat. Baik saat siang maupun malam hari. 

Pada saat malam hari, umumnya alat berat tidak digunakan. Namun, ada kemungkinan pencurian bagian-bagian mesin yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Karena itulah, Anda bisa menggunakan CCTV wireless yang tak berkabel untuk melakukan pengawasan secara maksimal. 

Selain itu, jika Anda memilih produk yang terbaik, maka akan muncul tampilan video berwarna yang tentunya jauh lebih detail dibanding video hitam putih. Saat temaram pun, Anda akan bisa melakukan perekaman secara maksimal meskipun minim cahaya. 

  • Tempat Berkumpulnya Pemulung

Pemulung kerap datang dan melakukan aktivitas di sekitar TPA. Karena itulah, aktivitas tersebut harus terekam agar tidak sampai membahayakan siapapun. Termasuk pekerja yang melakukan proses pemilahan sampah dan pemulung itu sendiri. Jangan sampai tragedi pemulung tewas akibat tertimbun oleh sampah terulang kembali. Karena tentu akan menimbulkan kesedihan di kalangan keluarga. 

Karena tempat-tempat tersebut memang rawan, maka sangat dianjurkan untuk memasang kamera jenis CCTV wireless. Mengapa demikian? Karena sistem wiring tentu akan sangat sulit diterapkan pada lingkungan TPS maupun TPA. Jadi, kamera dengan jaringan tanpa kabel tentu lebih cocok untuk dipasang pada tempat-tempat tersebut.

Kenali CCTV Seri ColorVu Hikvision yang Berkualitas

Sedang mencari CCTV berkualitas untuk area pembuangan sampah? Produk kamera pengintai berwarna dari Hikvision bisa menjadi pilihan Anda. Mengapa area tersebut perlu diawasi oleh CCTV? Hal ini bisa dijadikan upaya untuk memantau pembuang sampah yang bertindak sembarangan di sekitar wilayah tersebut.

Pagi, siang, sore, atau malam bisa diawasi dengan CCTV berwarna Seri ColorVu yang diproduksi oleh Hikvision. Berikut ini beberapa keunggulan kamera pengawas ini:

  1. Warna Tampil dengan Terang
  • Imaging video yang ditampilkan sesuai kenyataan
  • Tempat-tempat redup dapat tetap terekam dengan kualitas baik
  1. Berbagai Sisi Tampil dengan Jelas
  • Jauh lebih berwarna dan jelas daripada CCTV jenis hitam putih
  1. Pengalaman Melihat yang Baik Bagi Pengguna
  • Kecerahan sesuai dengan kapasitas asli
  • Rendering gambar menjadi lebih realistis karena bantuan sensor lanjutan

Demikian adalah beberapa keunggulan pemasangan CCTV berwarna dari Hikvision untuk area tempat sampah. Pemasangan ini tentu akan memberikan keuntungan pihak pengelola pembuangan. Dengan adanya kamera pengintai, orang jadi enggan melakukan hal-hal yang merugikan di wilayah tersebut. Hasil gambar yang diberikan CCTV ini tentu sangat baik. Segera beli produk CCTV Seri ColorVu dari Hikvision yang akan memberikan berbagai keunggulannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *