Menghemat Pengeluaran Bulanan Dengan Budgeting

1 min read

budgeting

Menghitung biaya hidup mu bisa sesederhana menjumlahkan pengeluaran bulanan mu, atau proses yang lebih rumit yang membantu kamu menganggarkan untuk pengeluaran masa depan atau diskresioner. Menggunakan dokumen keuangan historis mu dan menulis daftar tujuan keuangan mu akan membantu kamu membuat penghitungan biaya hidup yang akurat untuk memandu pengeluaran, tabungan, dan investasi mu.

Dengan membuat perhitungan yang tepat kamu mungkin bisa menghemat pengeluaran bulanan karena sudah menyingkirkan hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Selebihnya tentang menghemat pengeluaran bulanan dapat kamu simak di https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/gaya-hidup/menghemat-pengeluaran-bulanan/

Salah satu langkah pertama dalam menghitung biaya hidup mu adalah menentukan pengeluaran rutin mu. Kumpulkan laporan bank dan kartu kredit tahun lalu, bersama dengan catatan keuangan lain yang kamumiliki, seperti laporan PayPal. Tuliskan daftar pengeluaran rutin bulanan mu, seperti hipotek atau sewa, utilitas, bahan makanan, telepon, kabel, Internet, pembayaran mobil, asuransi, rambut dan kuku, dan hiburan.

The Better Business Bureau menyediakan daftar membantu pengeluaran anggaran rumah tangga di situs webnya (lihat Sumberdaya). Selanjutnya, buat daftar pengeluaran yang kamu bayarkan secara semi-reguler, seperti premi asuransi triwulanan, dan bagi dengan 12 untuk mendapatkan biaya bulanan rata-rata mu.

Hitung rata-rata pengeluaran mu per bulan dengan menjumlahkan pengeluaran tahunan dan membaginya dengan 12. Beberapa pengeluaran tetap, seperti pembayaran mobil, yang tidak berubah dari bulan ke bulan. Biaya lainnya bervariasi, seperti bahan makanan. Bagilah pengeluaran mu menjadi daftar tetap dan variabel dan gunakan pengeluaran tahun lalu dan proyeksi tahun depan untuk menentukan rata-rata bulanan kamu untuk pengeluaran variabel. Sertakan pengeluaran bulanan rata-rata untuk pengeluaran semi-reguler dalam total bulanan mu.

Jika belum mencukupi namun kamu mempunyai keinginan seperti belajar bahasa Inggris, mungkin alternatifnya kamu bisa memulai belajar bahasa inggris secara otodidak. Saat ini sudah banyak media online yang membagi tips cara belajar bahasa inggris untuk pemula loh. Selengkapnya bisa disimak di https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/beginner/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *