Kunci Tepat Mengatur Keuangan Bisnis

1 min read

keuangan

Menyusun Laporan Keuangan menjadi salah satu bagian penting untuk mengatasi keuangan usaha yang Anda jalani. Dengan penyusunan laporan yang tepat maka laporan keuangan akan jelas dan pelaku bisnis baik perusahaan maupun UMKM akan bisa mengatasi kemungkinan hal yang akan terjadi di kemudian hari.

Kunci Mengatur Keuangan dengan Tepat

 

1. Melakukan perencanaan yang general

Menyusun Laporan Keuangan Menyusun Laporan Keuangan menjadi salah satu kunci yang menentukan dalam bisnis yang sedang Anda jalani. Sebelum menyusun laporan, tentu ada beberapa kunci lain agar usaha yang dijalankan dapat berhasil. Salah satunya yaitu dengan melakukan perencanaan general.

Anda perlu mencatat apa saja program dan rencana usaha dalam periode tertentu. Alangkah baiknya Anda merencanakan program untuk periode panjang dan membagi perencanaan dalam periode-periode pendek seperti mingguan, bulanan triwulanan atau yang lainnya. Lakukan perhitungan secara detail terutama pada bagian kebutuhan dana untuk menjalankan perencanaan atau program tersebut.

 

2. Membuat perencanaan pendapatan

Tidak hanya perencanaan general saja, Anda juga perlu membuat perencanaan pendapatan. Anda bisa memperkirakan pendapatan ini harus mampu memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan. Kemudian mulai dengan bagaimana rencana Anda dalam mendatangkan pendapatan. Misalnya dengan beberapa produk yang akan dijual, berapa target pasar maupun strategi yang digunakan agar target penjualan bisa tercapai.

 

3. Mengatur budget secara rutin

keuangan
keuangan

Salah satu bagian terpenting dalam sebuah usaha yaitu budget. Dengan menyusun budgeting secara rutin maka Anda akan terhindari dari pembelian barang-barang yang sebenarnya kurang penting yang membuat pemborosan atau pembengkakan pengeluaran.

 

4. Mengawasi arus kas keuangan

Ketika menjalankan usaha, Anda juga perlu mengawasi arus kas keuangan secara berkala. Dengan memantau arus kas secara berkala akan memudahkan Anda untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan. Pengawasan arus kas keuangan secara manual memang cukup menyebalkan dan memakan waktu. Dengan bantuan aplikasi akuntansi online tentu pengawasan arus kas bukan lagi hal yang sulit.

 

5. Install aplikasi BukuKas

Kunci sukses menjalankan bisnis dengan mudah dan tidak ribet yaitu dengan bantuan aplikasi Bukukas. Dengan aplikasi ini, Anda akan dimudahkan dalam mengatur usaha terutama yang berkaitan dengan keuangan. Anda tidak akan dibuat pusing dengan manajemen keuangan karena di dalam aplikasi ini sudah terdapat berbagai fitur yang sangat lengkap.

Untuk dapat membuat berbagai laporan keuangan, Anda harus memiliki Catatan Keuangan Catatan Keuangan terlebih dahulu dengan memasukkan seluruh transaksi yang dilakukan pada periode tertentu. Membuat laporan keuangan sangat mudah yaitu dengan mengklik fitur laporan dan isi periode yang diinginkan. Nah, Anda tinggal mengunduhnya.

Menyusun Laporan Keuangan kini bukan lagi hal yang sulit. Mengikuti langkah-langkah sebagai kunci untuk mengatur keuangan bisnis akan memudahkan Anda meraih kesuksesan. Adanya aplikasi BukuKas ini juga membuat pengeluaran biaya berkurang karena tidak perlu mempekerjakan seseorang yang ahli di bidang akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *