Ads - After Header

Mengasah Kemampuan Business Analysis Dengan Ikut Program Pelatihan

idegokil

Business Analysis
Business Analysis

Business analysis adalah bagian yang berperan untuk menganalisis bisnis, biasanya perusahaan memiliki seseorang yang ahli di bidang ini atau akan meminta jasa dari luar dalam melakukan analisis. Tujuannya tak lain adalah untuk mengetahui sejauh mana posisi atau perkembangan perusahaan tersebut. Karena di dalam mengembangkan sebuah bisnis sebenarnya ada banyak komponen yang dibutuhkan sebagai penunjangnya, termasuk diantaranya adalah kemampuan dalam menganalisis bisnis tersebut.

Kemampuan Yang Dibutuhkan Dalam Menganalisis Bisnis

Guna bisa menjadi seorang bisnis analis tentunya dibutuhkan banyak keahlian yang digunakan dalam menunjang hal tersebut, diantaranya adalah hardskill serta softskill, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

Technical skill, yaitu keahlian secara teknis, nantinya dibutuhkan dalam mengetahui setiap sistem yang berjalan dalam bisnis tersebut. Apalagi jika seandainya usaha yang dianalisis tersebut ada di bidang IT atau teknologi.

Analytical skill, skill yang satu ini lebih banyak mencakup pada dasar-dasar analisis bisnis, seperti diantaranya adalah mengelola dokumen, stakeholder, workflow dan sejenisnya.

Data analisis, dalam menganalisis bisnis maka nantinya akan dihadapkan dengan banyak data, sehingga diperlukan pemahaman yang baik di bidang ini.

Kemampuan dalam membuat sebuah rancangan bisnis, dengan rancangan bisnis yang matang maka nantinya dapat mengidentifikasi sumber daya yang ada dan diperlukan dalam proyek bisnis.

Kemampuan berkomunikasi dengan baik, jangan lupa juga soft skill penunjang yaitu dapat berkomunikasi dengan baik, ini termasuk salah satu kunci sukses. Komunikasi ini sendiri ada yang bentuknya lisan serta tulisan.

Leadership, seorang analis bisnis juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaannya, sehingga paling tidak harus diimbangi dengan kemampuan kepemimpinan atau leadership.

Memilih Pelatihan Sebagai Bisnis Analis

Anda juga dapat mengasah kemampuan business analysis ini dengan cara mengikuti sebuah program pelatihan. Di luaran sana kenyataannya memang ada banyak lembaga pelatihan yang menawarkan program ini, bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik, berikut ini diantara tips memilihnya, yaitu:

Pastikan lembaga yang dipilih diakui dan berpengalaman, pertimbangan pertama adalah dari segi lembaga yang mengeluarkan program pelatihan tersebut, apalagi tidak semuanya dapat dipercaya, usahakan untuk mengikuti pelatihan dari sebuah lembaga yang sudah terbukti berpengalaman dan diakui oleh banyak perusahaan, sehingga nantinya sertifikat yang didapatkan juga bisa Anda pakai.

Perhatikan mentornya, Anda harus tahu siapa yang menjadi tenaga pelatih atau mentor dalam pelatihan, dimana ini akan mempengaruhi efektivitas dari proses pembelajaran tersebut. Pilih mentor yang tidak hanya ahli dalam memberikan materi, melainkan adalah praktisi berpengalaman di bidangnya. Sehingga harus tahu juga mengenai latar belakang dari mentor tersebut.

Cek silabus materi, selanjutnya adalah dengan mengecek atau melihat silabus materi, apakah materi-materi yang disampaikan nantinya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini dapat dilihat dari gambaran besar mengenai silabus materi, serta perhatikan juga berapa durasi dari setiap sesi kelas atau pelatihan tersebut.

Sesuaikan dengan budget, perhatikan juga berapa besarnya tarif atau biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti program pelatihan tersebut. Apalagi tidak semuanya murah, banyak juga yang mahal. Sesuaikan saja dengan kondisi keuangan yang dimiliki, hanya saja kualitas pelatihan juga bergantung pada tarif yang dibebankan, karena semakin mahal akan semakin bagus.

Pastikan yang bersertifikat, percuma saja ikut sebuah program pelatihan, namun tidak mendapatkan sertifikat, disini Anda harus tahu bahwa keberadaan sertifikat ini nantinya dapat digunakan sebagai bukti telah lulus pelatihan, serta bisa dipakai untuk bahan jika ingin melamar pekerjaan, karena bukti punya kualifikasi di bidang tersebut. Jadi usahakan pilih yang bersertifikat dan memberikan garansi jika tidak lulus dari program pelatihan tersebut.

Pelatihan online atau offline, selanjutnya pertimbangkan mengenai jenis pelatihan tersebut, apakah Anda ingin pelatihan yang dilakukan secara online atau mungkin offline saja karena lebih efektif, semuanya ada.

Pelatihan untuk business analysis ini sekarang dapat Anda ikuti, diantaranya adalah lewat program yang dimiliki oleh Prasmul-ELI, kelasnya sudah banyak diikuti berbagai kalangan, mulai dari masyarakat umum sampai dengan karyawan, segera daftarkan diri.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer