Mencoba Layanan Hosting dari Hoster.co.id

2 min read

review hoster.co.id andy nug

Bagi blogger maupun web developer, layanan hosting merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang website agar bisa diakses oleh pengunjung maupun mesin pencari. Alhasil, tidak jarang jika seorang blogger atau web developer kerap kali berpindah dari satu provider hosting ke provider hosting lainnya untuk menemukan produk yang sesuai kebutuhan.

Sama seperti blogger lainnya, saya juga sampai saat ini masih mencari layanan web hosting yang pas untuk mengakomodir aktivitas blogging. Sebelumnya, saya sendiri sempat menjajal berbagai provider hosting baik dari dalam maupun luar negeri yang kerap kali menawarkan promo sadis untuk tahun pertama.

Yang terbaru, saya sempat tertarik untuk menggunakan layanan hosting dari perusahaan lokal bernama Hoster.co.id. Apakah Anda pernah mendengarnya? Atau bahkan saat ini justru sudah menjadi salah satu pelanggannya?

Hoster.co.id bisa dibilang merupakan salah satu pemain baru di dunia web hosting Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari data Whois domain dimana baru didaftarkan pada bulan November 2015 lalu. Kendati demikian, perusahaan ini terlihat sudah banyak memiliki paket hosting bulanan hingga tahunan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan user, jadi sangat cocok untuk menunjang kebutuhan berbagai kalangan.

Impresi Pertama Hoster.co.id

Kalau tidak salah, saya pertama kali mendengar tentang hoster.co.id melalui sebuah forum facebook yang isinya membahas seputar WordPress dan SEO. Sebagai blogger yang sudah sejak tahun 2012 berkecimpung di dunia hosting tentu saya awalnya tidak terlalu tertarik dengan hoster.co.id, karena di Indonesia sudah ada pemain besar seperti Qwords.com, Niagahoster, atau Rumahweb yang lebih dulu familiar.

Jika dibandingkan dengan provider hosting lain, tampilan website Hoster.co.id sendiri tidak terlalu istimewa. Tone warna yang digunakan sekilas juga mengingatkan saya dengan salah satu kompetitor mereka yang berbasis di kota Malang, Jagoanhosting.

Namun, satu hal yang menarik adalah sistem Chatbox otomatis yang mereka tawarkan. Fitur ini tentu sangat membantu pengunjung yang kesulitan dan ingin bertanya ke customer service, karena mereka tidak perlu susah-susah membuka tombol pop-up atau mengisi tiket seperti pada umumnya.

Pilihan Layanan Hosting di Hoster.co.id

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Hoster.co.id memiliki beragam paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, berikut merupakan ringkasan terkait paket hosting di Hoster.co.id yang bisa dijadikans ebagai pilihan.

1.Unlimited Hosting SSD

Paket hosting pertama yang cocok digunakan oleh blogger pemula adalah Unlimited Hosting SSD. Sesuai namanya, poin unggulan yang menjadi kunci dari paket ini ada pada kapasitas storage dan teknologi penyimpanan data berbasis Solid State Drive atau SSD.

Bagi Anda yang belum tau terkait SSD, teknologi ini adalah pengganti dari Hard Disk Drive atau HDD yang cara kerjanya masih menggunakan piringan. Disisi lain, SSD sudah menggunakan komponen IC yang solid dan tidak membutuhkan pergerakan komponen ketika berkerja.

Dari segi kecepatan, SSD juga jauh melampaui kinerja harddisk. Bahkan, selisihnya sampai 10x lipat dalam beberapa kondisi. Sangat menarik bukan?

2.Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis paket yang cocok digunakan oleh para pebisnis, perusahaan, serta kalangan profesional. Pasalnya, Anda tidak harus berbagi resource hosting dengan orang lain yang latar belakangnya tidak dikenal.

Kekurangan dari paket ini adalah biaya sewanya yang relatif mahal, di Hoster.co.id untuk paket termurahnya saja mencapai Rp 390 ribu per bulan. Lumayan ya?

3.VPS Indonesia

Apa itu VPS? VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, sebuah layanan hosting yang dibuat secara independen menggunakan resource mandiri yang lebih leluasa untuk dilakukan kustomisasi. Biasanya, pilihan paket inilah yang saya gunakan untuk mengakomodir kebutuhan ngeblog karena jika menggunakan paket standar atau reguler resourcenya sudah tidak kuat menampung traffic atau bandwidth website.

Mencoba Order Hosting di Hoster.co.id

Karena penasaran dan kebetulan mendapatkan free trial selama satu bulan. Saya kali ini menyempatkan diri untuk mencoba menggunakan salah satu paket hosting di Hoster.co.id. Adapun layanan yang saya pilih untuk testing kali ini adalah paket Unlimited Hosting SSD – MonsterOne.

Terkait spesifikasi, paket MonsterOne yang saya gunakan dibekali fitur:

  •         Unlimited storage SSD
  •         UNLIMITED BANDWIDTH 1Gbps IIX Link,
  •         UNLIMITED MariaDB Database,
  •         UNLIMITED Email Akun,
  •         UNLIMITED ADD ON DOMAIN
  •         4 CORE vCPU @2GHz
  •         8GB Memory RAM
  •         1.500.000 Inode
  •         400 Entry Proses cPanel Terbaru
  •         LiteSpeed Enterprise Web Server Server Indonesia
  •         Support 24/7/365
  •         Garansi 30 Hari FREE SSL

Berapa harganya? Paket ini bisa didapatkan mulai dari Rp 399 ribu pertahun. Cukup terjangkau, namun kita masih perlu melakukan pemantauan lebih lanjut terkait kinerjanya selama beberapa minggu atau beberapa bulan kedepan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *