Resiko Dibalik Pemilihan DP Nol Persen Saat Kredit Kendaraan

1 min read

Sekarang ini memang ada banyak sekali tawaran DP mobil murah bahkan tak jarang diantaranya yang memberikan penawaran istimewa yaitu DP nol persen. Dimana meskipun Anda tidak menyerahkan uang muka sama sekali, nantinya tetap bisa mendapatkan kredit kendaraan yang diinginkan tersebut. Terasa sangat menarik bukan, karena tanpa membayar uang muka maka nantinya kendaraan impian tersebut sudah bisa dibawa pulang. Namun jangan terburu-buru menjadikannya sebagai pilihan. Kenali resiko dibalik pemilihan DP nol persen tersebut, yaitu:

 

  1. Menumpuk hutang semakin banyak, dengan membayarkan uang muka atau istilahnya adalah DP, maka Anda sudah membayar sebagian dari harga kendaraan tersebut, sisanya adalah hutang yang harus dilunasi. Namun jika tanpa membayar uang muka sama sekali kendaraan sudah bisa dibawa pulang, artinya menumpuk hutang Anda semakin banyak bukan.
  2. Bunga tinggi, fakta lainnya adalah lembaga pembiayaan yang umumnya menawarkan DP murah ini menyematkan biaya tambahan, yaitu suku bunga yang nilainya benar-benar tinggi. Mereka ambil kesempatan disini sehingga mendapatkan keuntungan yang besar dibalik resikonya yang besar juga. Adanya beban bunga yang tinggi ini pasti akan memberatkan Anda pada saat pengembalian hutang tersebut bukan.
  3. cicilan besar dan beresiko sebabkan debitur terkena denda, ketika hutang Anda jumlahnya besar, maka mau tak mau akan mempengaruhi beban biaya cicilan tersebut bukan. Dimana jumlahnya sendiri akan jadi semakin besar. Dengan nominal cicilan yang begitu besar, tanpa diimbangi dengan pemasukan yang sebanding, besar kemungkinan Anda akan kesulitan membayar hutang tepat waktu, akibatnya denda juga jadi menumpuk semakin besar. Hutang Anda juga akan bertambah besar.

 

Lebih aman bayar DP minimal 30 persen dari harga kendaraan tersebut. Perhatikan juga simulasi kredit mobil Toyota yang dipilih tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Sehingga tidak akan terasa terlalu memberatkan. Pilih lembaga pembiayaan atau pemberi kredit yang sudah terpercaya, seperti diantaranya adalah Adira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *