5 Kiat sukses Bisnis Online Pasca Pandemi Covid-19

1 min read

Pandemi covid-19 memang meresahkan semua orang sebab perekonomian mengalami dampak buruk selain sektor kesehatan. Banyak perusahaan yang mengalami risiko bangkrut sehingga terpaksa melakukan PHK massal selama pandemi tersebut. Selain itu, berbagai harga kebutuhan pokok meningkat karena pandemi yang menghambat aktivitas di luar rumah. Bisnis online menjadi solusi guna mengembalikan kejayaan UMKM yang mati suri pada masa tersebut. Setelah masa covid-19 usai, bagaimana cara membangkitkan bisnis online pasca pandemi?

Strategi Bisnis Online Pasca Pandemi Tetap Berjaya

Memang orang-orang sudah bebas beraktivitas di luar rumah, bahkan pemerintah sudah menetapkan kebijakan lepas masker seiring vaksinasi yang hampir merata. Saat orang-orang mungkin kembali lebih memilih belanja di bisnis konvensional sebab kemudahan melihat dan membuktikan keaslian produk, Anda juga tetap bisa wajib menyasar pasar online. Bila online dan offline mampu berjalan secara seimbang, kenapa tidak?

Supaya bisnis online pasca pandemi tetap berjaya meski masa covid-19 sudah usai, Anda harus menerapkan strategi jitu sebagai berikut :

1.Lihat peluang usaha yang bagus

Bila berjualan produk kebutuhan kesehatan berjaya beberapa waktu lalu, maka Anda harus mulai melihat peluang usaha lain yang bagus pasca pandemi. Pengamatan kondisi setelah pandemi menjadi kunci agar bisnis tetap sukses, misalnya memperhatikan tiga aspek kebutuhan utama hidup seperti bisnis kuliner, fesyen dan properti.

2.Memperhatikan tren dan membuat analisa bisnis

Penting sekali untuk selalu memperhatikan tren pasar yang tengah terjadi. Produk apa saja yang tengah diminati khalayak, bagaimana pangsa pasar kedepannya, kompetisi di lapangan, dan analisa untung rugi. Memanfaatkan produk atau layanan jasa yang dibutuhkan masyarakat yang tetap ingin berada di rumah untuk meminimalisir kontak sebab virus corona masih ada, sah-sah saja. Layanan jasa COD atau pesan antar makanan masih populer sejak awal pandemi sampai sekarang, lho!

3.Menetapkan target pasar dengan baik

Jangan lupa untuk melihat target pasar Anda mulai jenis kelamin, usia, SDM, dan lain-lain untuk memaksimalkan promosi. Penawaran yang bagus sesuai target pasar akan memberikan dampak kesuksesan penjualan produk atau layanan jasa pasca pandemi.

4.Optimalkan media sosial dan media digital lain

Jangan lupa untuk terus melakukan pembaharuan konten demi kesuksesan bisnis pasca pandemi. Konten yang berkualitas sangat mendukung long lasting bisnis Anda demi mendapatkan lebih banyak pengikut di media sosial, meningkatkan branding usaha dan lain-lain. Selain media sosial yang masih digandrungi, Anda juga harus tahu cara memanfaatkan promosi di media digital lain seperti e-commerce dan marketplace.

5.Selalu melakukan inovasi pelayanan dan bisnis

Lakukan inovasi pelayanan dalam bisnis demi mempertahankan loyalitas pelanggan setia. Jangan sampai Anda susah merekrut lebih banyak pelanggan selama pandemi, kemudian mereka kabur setelah pandemi usai. Inovasi pelayanan yang lebih memuaskan dengan memberikan berbagai fitur menarik, boleh-boleh saja. Anda juga bisa melakukan inovasi pelayanan dalam pengiriman produk dengan paket kilat, produk senantiasa ready stock siap kirim, layanan virtual, dan lain-lain.

Ada banyak peluang bisnis online pasca pandemi yang masih bergeliat di pasaran sehingga Anda hanya perlu memanfaatkannya dengan baik. Bila Anda punya modal, wawasan dan perencanaan bisnis yang bagus, maka bisnis online bisa tetap berjaya sejak pandemi hingga bertahun-tahun kedepan.

Masih bingung mau mencoba peluang bisnis online yang memberikan keuntungan menggiurkan? Pilih saja ide bisnis yang paling dibutuhkan masyarakat dewasa ini, misalnya produk olahan makanan beku, transaksi layanan jasa digital, bisnis pengiriman, dan masih banyak ide menarik lain. Yuk, segera realisasikan ide Anda dan jadilah pengusaha berjaya Indonesia

ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Terbaik untuk Gaming,…

Sejak awal diperkenalkan, seri laptop gaming ROG Zephyrus Duo memang tampil berbeda dengan laptop gaming lainnya. Tidak hanya selalu dibekali dengan hardware yang powerful,...
idegokil
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *