Advertorial

Khasiat Madu Untuk Menutup Luka

Manfaat madu untuk kesehatan tidak bisa dipungkiri lagi, termasuk untuk luka akibat terbakar, Dengan kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur yang ada di dalamnya, madu diduga bisa menjadi obat luka akibat terbakar alami, dibanding dengan penggunaan salep untuk luka bakar. Ada studi yang menunjukkan jika madu memang berguna untuk mengatasi luka akibat terbakar ringan, dan membantu penyembuhan luka akibat terbakar lebih cepat. Namun hal tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Selain obat luka akibat terbakar alami di atas, Kamu juga bisa menggunakan obat medis seperti salep antibiotik dan obat pereda rasa sakit. Krim dan salep antibiotik bisa membantu mengurangi infeksi.

Bila perlu, Kamu bisa meredakan rasa sakit dan perih pada luka akibat terbakar ringan dengan mengkonsumsi ibuprofen, paracetamol, atau naproxen yang dijual bebas di toko obat. Hal yang Perlu Dihindari Dalam Mengobati Luka akibat terbakar, pada umumnya ada satu hal yang perlu Kamu ketahui. Jangan percaya pada omongan orang yang mengatakan jika luka akibat terbakar bisa sembuh jika dioleskan dengan ini atau itu. Bisa-bisa luka akibat terbakar tidak sembuh, tapi jadi tambah parah.

Berikut pantangan-pantangan untuk luka akibat terbakar yang perlu diperhatikan, Jangan mengoleskan pasta gigi, karena bisa membuat kulit menjadi iritasi dan meningkatkan infeksi. Jangan mengoleskan minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak goreng. Jangan mengoleskan putih telur, karena bisa menyebabkan infeksi bakteri dan reaksi alergi. Jangan memecahkan kulit yang melepuh dan menggelembung karena bisa menyebabkan infeksi.

Luka akibat terbakar ringan memang bisa dirawat di rumah dengan obat luka akibat terbakar alami. Namun, segera hubungi dokter jika luka akibat terbakar tidak sembuh dalam beberapa minggu, muncul lepuhan besar pada kulit, ada cairan yang keluar dari luka, atau Kamu mengalami tkamu-tkamu infeksi seperti demam, luka bernanah, dan tercium bau tidak sedap pada luka, dengan menggunakan madu luka lama sembuh karena kandungan anti bakteri yang mengikat luka dan melindungi dari infeksi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top