Review iPhone 12: Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Terbaru

3 min read

iphone 12

Di penghujung 2020 lalu, Apple resmi mengeluarkan smartphone Apple terbaru meneruskan seri sebelumnya, yaitu iPhone 12. iPhone 12 terbaru ini mengusung desain bingkai yang sama dengan iPhone 4 dan footprint yang mirip dengan iPhone 11.

Jika Anda penasaran dengan produk smartphone terbaru dari Apple ini, maka bisa menyimak review kelebihan dan keunggulannya di bawah ini. Diharapkan bisa menjadi pertimbangan yang lengkap sebelum Anda membelinya.

Spesifikasi iPhone 12 Terbaru

Nama

Apple iPhone 12

Tanggal Rilis

23 Oktober 2020

Berat

164 gram

Material

Kaca bagian depan Ceramic Shield, bagian belakang kaca, bingkai alumunium

Ukuran Layar

6,1 inci, rasio layar ke bodi sekitar 86%

Jenis Layar

Super Retina XDR OLED

Resolusi Layar

1170 x 2532 pixel

Chispet

Apple A14 Bionic (5 nm)

Prosesor

Hexa-core (2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm)

RAM 

4GB

Storage

64GB/128GB/256GB

Kamera Belakang

12MP (f/1.6, lensa wide 26 mm, OIS, dual pixel PDAF) + 12MP (f/2.4, lensa ultrawide 120 derajat 13 mm)

Kamera Depan

12MP (f/2.2, lensa wide 23 mm, SL 3D (sensor depth dan biometrik), Gyro-EIS, HDR

USB

Lighting, USB 2.0

Bluetooth

Bluetooth 5.0, A2DP, LE

Sensor

Face ID, gyro, accelerometer, proximity, compass, barometer, ultra wideband, perintah bahasa natural, diktasi Siri

Baterai

Non-Removable Li-Ion 2815 mAh (fast charging 20 W

Harga

Rp 14.999.000

Kelebihan iPhone 12 Terbaru 

iPhone 12 bisa menjadi pilihan yang cocok untuk upgrade dari iPhone 11, karena membawa fitur dan teknologi yang lebih baik. Di bawah ini adalah poin-poin yang menjadi keunggulan dari iPhone 12 dan kenapa Anda harus segera memilikinya:

1. Desain Modern & Sentuhan Nostalgia

Apple lazim merilis smartphone dengan desain yang hampir mirip dengan sebelumnya. Sepertinya mereka berpedoman, jika satu macam desain sudah disukai banyak orang, maka tidak perlu merubahnya. Ini bisa Anda lihat di iPhone 12, yang desainnya memang mirip dengan iPhone 4.

Ya, bagian samping iPhone 12 dibuat mirip dengan iPhone 4 atau iPhone 5, yang pada saat itu menjadi favorit banyak pengguna. Bagian samping smartphone yang datar akan membawa pengguna bernostalgia ke beberapa tahun yang lalu.

Sentuhan modern juga tidak dilupakan dari iPhone 12 ini, yang masih membawa footprint dari iPhone 11. Kombinasi desain modern dan sentuhan nostalgia di iPhone 12 ini membawa kepuasan tersendiri, khususnya bagi pengguna iPhone sejak lama.

2. Layar Tangguh

Jika Anda perhatikan tabel spesifikasi di atas, iPhone terbuat dari material yang membuatnya sangat tangguh. Perlindungan ekstra dari Apple ini membuat layar dan bodi iPhone 12 tahan terhadap segala macam goresan, benturan, dan lain sebagainya.

iPhone 12 terbaru menggunakan teknologi Ceramic Shield, yang melapisi seluruh bagian dan lini dari smartphone. Teknologi termutakhir ini menyematkan kristal keramik dengan ukuran yang sangat kecil, yang memungkinkan smartphone tahan jatuh 4 kali lebih baik.

Selain tahan jatuh, iPhone 12 juga sudah diberikan perlindungan super kuat dari aus, lecet, goresan akibat pemakaian, dan aktivitas sehari-hari. Ini berkat proses pertukaran ION ganda pada teknologi Ceramic Shield yang digunakan oleh Apple.

3. Magsafe

Untuk semakin melengkapi ekosistem, Apple mengenalkan produk terbaru di iPhone 12, yaitu Magsafe. Magnet berbentuk sirkuler yang ada di belakang bodi iPhone 12 ini memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk wireless charging. 

Magsafe memungkinkan pengguna bisa isi daya smartphone hanya dengan sekali tempel, berbeda dengan smartphone lain yang harus diletakkan dengan tepat. Hal inilah yang membuat iPhone 12 berbeda dengan smartphone flagship lainnya.

4. Teknologi Layar Memuaskan

iPhone 12 hadir dengan layar jenis OLED dengan teknologi Super Retina XDR, yang sangat memanjakan mata penggunanya. Dibandingkan dengan pendahulunya, panel tersebut lebih superior, lebih-lebih resolusi layar yang juga lebih baik, yaitu 1170 x 2532 piksel.

Apakah Anda hobi menonton film di smartphone? Kabar baiknya, layar iPhone 12 sudah memiliki rating HDR10, jadi menikmati sajian film, gaming, atau sekedar scroll timeline media sosial akan lebih memuaskan dibandingkan iPhone 11.

5. Kamera yang Ditingkatkan

iPhone 12 dibekali dengan dua kamera belakang, yang masing-masing beresolusi 12MP. Jenis dua lensa tersebut adalah wide dan ultrawide (untuk mengambil foto dengan sudut pandang lebar) yang bisa menghasilkan foto dengan kualitas luar biasa.

Jika dibandingkan dengan iPhone 11, kamera lebar milik iPhone 12 dapat menangkap cahaya lebih baik, yaitu sekitar 24%. Selain hasil foto yang lebih baik, foto menggunakan Night Mode juga memiliki detail, warna, dan ketajaman yang tidak terlalu kontras dibandingkan dengan foto pada siang hari.

Selanjutnya ada fitur Deep Fusion, yang akan membantu pengguna menganalisa berapa eksposur yang dibutuhkan untuk memaksimalkan detail foto. Bagi yang tidak ingin ribet, ada fitur Smart HDR 3, fitur otomatis yang dapat menyeimbangkan semua elemen sehingga hasil foto berkualitas.

Bagi Anda yang susah menemukan iPhone 12 di tahun 2021 ini, bisa mencarinya di Bhinneka.com. Selain terpercaya, belanja online di Bhinneka.com sangat mudah. Hanya butuh beberapa klik, dan iPhone 12 siap diantarkan ke alamat Anda.

6. Dolby Vision

Dolby Vision adalah encoding HDR standar untuk format HDR10, yang bisa memberikan sajian video berkualitas dalam segi kedalaman dan kestabilan warna. Fitur ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki minat pada bidang videografi atau ingin membuat konten video dengan hasil yang luar biasa.

7. Chipset Gahar Apple A14 Bionic

iPhone 12 terbaru sudah dibekali dengan chipset Apple yang gahar, yaitu Apple A14 Bionic yang memiliki 6 inti. Ada dua inti berkecepatan 3,1 GHz untuk memaksimalkan performa dan 4 inti 1,8 GHz untuk hemat daya.

Chipset di atas memungkinkan pengguna bisa bermain game dengan nyaman tanpa masalah. Lebih-lebih dukungan RAM 4 GB dan varian storage yang bisa dipilih pengguna dengan leluasa, yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB.

Kekurangan iPhone 12 Terbaru

1. Kapasitas Baterai Menurun

Sayangnya, dengan semua kualitas mentereng di atas, kapasitas baterai yang dimiliki oleh iPhone 12 menurun dibandingkan dengan iPhone 11, yaitu hanya 2815 mAh. Lebih-lebih dengan resolusi QHD dan konektivitas 5G, baterai bisa berkurang dengan cepat.

Kabar baiknya, berhubung 5G belum ada di Indonesia, pemborosan baterai lebih bisa diminimalisir. Sudah ada juga teknologi fast charging 20 W untuk isi daya yang lebih cepat, agar iPhone 12 tetap siap digunakan kapanpun.

2. Kamera Cuma Dua

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa smartphone flagship seperti iPhone 12 hanya memiliki 2 kamera. Kontras dengan smartphone flagship Android yang banyak memiliki 3 hingga 4 kamera utama.

Jawabannya adalah, dua dari tiga/empat kemara foto utama di atas adalah jenis makro dan telephoto, yang intensitas penggunaannya jarang. Dua kamera milik iPhone 12 ini berjenis wide dan ultrawide, yang mana sering digunakan, tentunya dengan kualitas yang bisa diadu.

Selain menjual gadget seperti smartphone dan laptop, Bhinneka.com juga menyediakan aneka kebutuhan, khususnya untuk bisnis dan UMKM. Bagi Anda yang ingin mencari barang untuk bisnis dalam jumlah yang besar, maka bisa belanja online mudah dan murah di Bhinneka.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *