Mengenal Jenis-jenis Mesin Cuci Beserta Fiturnya

1 min read

Mencuci dengan mesin cuci sangat membantu tugas-tugas laundry harian. Pasalnya, hal ini bisa memangkas waktu pekerjaan yang dapat Anda lakukan saat mencuci pakaian. Jika saat ini Anda sedang mencari informasi tentang jenis dan harga mesin cuci, maka Anda sudah ada di tempat yang tepat, karena di artikel kali ini kita akan membahas terkait jenis-jenis mesin cuci beserta fungsinya.

Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk langsung saja kita ulas satu per satu poin-poinnya bersama-sama.

Inilah Jenis-jenis Mesin Cuci Beserta Fiturnya

1.Mesin cuci otomatis 1 tabung

Mesin cuci otomatis 1 tabung. Mesin cuci jenis ini lebih praktis digunakan karena tidak perlu memindahkan pakaian selama proses pengeringan. Cara penggunaannya cukup mudah, masukkan cucian dan sabun, kemudian buat pengaturan fungsi yang diperlukan, tekan saklar dan tekan tombol mulai setelah itu mesin cuci akan mulai bekerja. Tunggu hingga pencucian selesai.

Siklus pencucian ekstra hanya memiliki beberapa fungsi opsional yang tidak dapat dilakukan jika tidak diperlukan. Misalnya mesin cuci satu silinder berkecepatan tinggi. Termasuk 4 siklus pencucian untuk dipilih: Rendam Cuci Bilas Kering.

Jika Anda tidak menginginkan salah satu fitur tersebut Anda dapat menonaktifkan. Mesin cuci otomatis 1-tabung sendiri mencakup dua jenis mesin, yakni bukaan atas dan mesin cuci bukaan depan.

  • Mesin Cuci Bukaan Atas (Top Loading)

Mesin cuci jenis ini memuat pakaian yang akan dicuci dengan cara memasukkannya dari bagian atas mesin cuci. Biasanya mesin cuci ini memiliki pilihan 1 tabung dan juga 2 tabung. Keunggulan mesin cuci top loading adalah konsumsi daya yang lebih rendah dan penggunaan yang lebih efisien. Adapun kekurangannya adalah membutuhkan banyak air dan pakaian lambat kering. Harga mulai dari kisaran Rp 2 juta.

  • Mesin cuci bukaan depan Front Loading

Mesin cuci ini biasanya menggunakan tabung tunggal. Mesin cuci jenis ini juga memiliki banyak keunggulan. Misalnya, seperti kecepatan pengeringan pakaiannya lebih baik daripada top loading, penggunaan lebih praktis dengan risiko kerusakan pakaian yang lebih kecil hingga konsumsi air yang lebih rendah.

Sedangkan kekurangannya adalah harganya yang relatif mahal dan penggunaan listrik yang lebih boros. Harganya mulai dari 2,6 jutaan.

2.Mesin cuci 2 tabung semi otomatis

Kenapa disebut mesin cuci dua tabung? karena kedua tabung mesin cuci tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Satu bagian untuk mencuci dan satu lagi untuk mengeringkan. Mesin cuci dua tabung semi-otomatis ini relatif murah. Sehingga bisa menjadi alternatif mesin cuci otomatis front dan top loading.

Akan tetapi, memiliki kekurangan antara lain proses pencucian yang membutuhkan kerja ekstra untuk memindahkan pakaian dari tabung pencucian ke tabung pengeringan.

Meski demikian, ketika sudah terbiasa Anda tidak akan menemui masalah lagi karena mesin cuci 2 pipa ini masih digunakan oleh banyak orang. Harganya pun sangat terjangkau karena Anda bisa mendapatkan mesin cuci jenis ini seharga 1 jutaan saja.

Itulah jenis-jenis mesin cuci yang sering digunakan saat ini. Anda yang akan membeli mesin cuci juga sebaiknya juga mempertimbangkan jenis, harga, dan kapasitas masing-masing mesin cuci yang akan dibeli sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Terlepas dari itu, setelah membeli unit mesin cuci, jangan lupa untuk membaca manual guna menghindari kesalahan dalam pemasangan mesin cuci dan penggunaan mesin cuci ya. Sekian informasi pada artikel kali ini, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan keluarga di rumah.

Sampai jumpa di ulasan berikutnya.

banner Partner Backlink.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.