Advertorial

Ingin Bisnis Tapi Gak Punya Modal? Intip 6 Tips Ini

bisnis-sampingan

Harga kebutuhan pokok rumah tangga dari tahun ke tahun semakin meningkat. Harga tagihan listrik, air, makanan pokok, semakin mahal. Dengan begitu, tak jarang jika penghasilan bulanan kamu tidak selalu mencukupi kebutuhan sehari-hari, bahkan kurang. Oleh karena itu, kamu membutuhkan usaha sampingan agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari maupun keperluan lainnya, seperti biaya SPP anak, biaya darurat, dan lain sebagainya.

Menjalankan bisnis sampingan tentu saja memiliki manfaat dan keuntungan tersendiri bagi kamu. Manfaat yang bisa didapatkan diantaranya memiliki penghasilan tambahan, menjadi tabungan untuk masa depan, bisa mewujudkan karir impian, menjadi ajang kreativitas, dan masih banyak lagi. Dengan adanya segudang keuntungan dari bisnis sampingan ini, tak sedikit yang tergiur untuk memanfaatkan peluang usaha yang satu ini.

Untuk menjalankan usaha tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit. Hal ini menjadi kerisauan tersendiri bagi kamu yang ingin mulai berbisnis. Tak sedikit yang meminjam uang bahkan rela mengocek tabungannya sebagai modal awal untuk membangun bisnis.

Ide Bisnis yang Bisa Dijadikan Pilihan

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Zaman sekarang ini kamu tentu bisa menjalankan bisnis sampingan tanpa harus mengeluarkan modal banyak. Ide-ide bisnis bermunculan semenjak adanya perkembangan teknologi yang semakin memudahkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas. Lalu, apa saja ide bisnis sampingan yang bisa kamu lakoni? Simak rangkumannya berikut ini.

  1. Menjadi dropshipper

Peluang usaha pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjadi seorang dropshipper. Sistem penjualan dropship tentu saja tidak mengharuskan kamu untuk menyediakan barang jualan dalam jumlah banyak. Cukup cari online shop yang menerima sistem dropship, dan kamu sudah bisa mulai berjualan.

Barang yang dikirimkan pada pembeli tentu saja berasal dari supplier yang kamu pilih. Namun, tetap saja pengirimannya atas nama online shop kamu. Gimana, kamu tertarik?

  1. Guru les online

Kini, belajar mengajar juga bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu saja lebih menghemat waktu dan juga tenaga. Kamu bisa mengajarkan mata pelajaran yang kamu kuasai, seperti Bahasa Asing, Matematika, IPA, dan lain-lain.

Untuk promosi, kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, dan melakukan pembelajaran melalui jejaring sosial seperti WhatsApp atau Telegram. Untuk melakukan bisnis yang satu ini, kamu cukup menyediakan laptop atau hp dan juga koneksi internet agar bisa tetap terhubung dengan murid.

  1. Penulis lepas

Sama halnya dengan pengajar online, menjadi penulis lepas hanya membutuhkan laptop dan juga koneksi internet. Kamu tentu saja tidak membutuhkan modal yang besar untuk bisa menghasilkan uang tambahan. Kamu bisa menjadi seorang penulis lepas di media online, misalnya untuk menulis artikel tentang gaya hidup, kesehatan, kecantikan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa menulis cerpen atau novel di platform khusus bercerita. Jika tulisan memiliki banyak pembaca, tidak menutup kemungkinan kamu akan dihubungi penerbit untuk melakukan tanda tangan kontrak. Menarik, kan?

  1. Blogger

Menjadi seorang blogger tentu saja hampir mirip dengan seorang penulis lepas. Bedanya, kamu menulis di platform sendiri. Kini banyak platform gratis yang bisa kamu gunakan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Dengan tampilan dan konten blog yang menarik, maka kamu akan mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi, sehingga kamu bisa melakukan monetisasi dan menghasilkan uang dari blogging.

Jika kamu ingin blog yang terlihat lebih professional, kamu bisa membeli blog berbayar. Namun, harganya tentu saja tidak mahal karena hanya dibayarkan selama setahun sekali saja. Blog berbayar umumnya memiliki domain seperti .com,.id,.co, dan masih banyak lagi.

  1. Agen Properti

Untuk menjadi seorang agen properti, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Kamu hanya memerlukan skill entrepreneur, negosiasi, dan komunikasi yang baik. Kamu akan mencari orang yang ingin menjual rumah, ruko, atau apartemen, Jika kamu berhasil menjual properti tersebut, maka kamu bisa mendapatkan komisi hingga 2.5%. Usaha sampingan yang satu ini tentu saja sangat menggiurkan.

Itulah enam ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top