Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Lancar

1 min read

haid tidak lancar

Adakah cara mengatasi haid tidak lancar agar cepat hamil? Sebelum pembahasan tampaknya ibu perlu memahami konsepsi dan ketidakteraturan menstruasi terlebih dahulu.

Siklus menstruasi yang tidak teratur bervariasi di antara wanita. Orang dengan siklus menstruasi yang teratur lebih mungkin untuk hamil daripada mereka yang memiliki periode tidak teratur. Namun ini tidak berarti bahwa tidak ada kemungkinan kehamilan.

Siklus menstruasi normal pada wanita adalah 22 hingga 35 hari. Jadi jika siklus Anda terjadi sekitar waktu itu setiap bulan siklus menstruasi Anda masih sangat normal.

Ketika siklus Anda berubah atau berhenti selama beberapa bulan Anda pasti bertanya-tanya apa penyebabnya. Jika hal ini terjadi maka jangan panik mulailah minum obat menstruasi. Berikut beberapa cara alami untuk mengembalikannya.

 

Cara Alami Mengatasi haid tidak lancar

1.Perbanyak istirahat dan hindari stres

Siklus menstruasi yang tidak teratur disebabkan oleh produksi hormon kortisol dan ketidakseimbangan antara hormon progesteron dan hormon estrogen yang dapat mengganggu kelancaran aliran menstruasi. Bagaimana cara mengontrol produksi hormon kortisol? Anda bisa memulainya dengan banyak istirahat untuk menghindari stres.

Stres juga menginduksi produksi hormon kortisol yang berlebihan dan mempengaruhi lipotalamus hormon yang mengatur siklus menstruasi. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu pintar-pintar mengelola stres agar siklus menstruasi Anda kembali normal.

 

2.Mengatur Berat Badan

Kelebihan berat badan (obesitas) atau kekurangan berat badan karena bulimia atau anoreksia yang mempertahankan penurunan berat badan dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Ketidakteraturan menstruasi seringkali menyakitkan bahkan pada wanita gemuk. Kondisi ini disebabkan oleh sel-sel lemak yang menekan rasio hormon terhadap insulin.

Untuk mengatasinya Anda harus menjaga berat badan ideal Anda. Anda bisa mengikuti diet untuk mencapai berat badan ideal dan mengatur pola makan sesuai selera. Jika Anda mencoba menurunkan atau menambah berat badan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui makanan mana yang tepat untuk Anda.

 

3.Makan makanan untuk melancarkan haid

Anda tidak perlu mengonsumsi bahan kimia untuk memicu menstruasi. Ada beberapa makanan alami yang bisa mengatasi masalah ini. Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin mineral dan nutrisi penting lainnya yang dapat merangsang produksi hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi.

Salah satu buah yang direkomendasikan adalah nanas yang melemaskan otot sehingga darah mengalir dengan mudah. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi kacang almond kunyit daun sirih jahe air kelapa mentah wortel dan daun salam.

 

4.Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Anda harus memastikan untuk rutin minum air putih agar menstruasi Anda berjalan lancar. Hal ini karena kandungan mineral dalam air secara alami dapat melancarkan haid karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan kadar hormon.

Anda juga harus menghindari kafein yang biasanya ditemukan dalam teh atau kopi karena dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Karena kafein diduga mengganggu keseimbangan hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi yang tidak teratur.

 

5.Olahraga teratur 

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, berenang atau jalan cepat, untuk memulai siklus menstruasi Anda. Olahraga teratur dapat membantu mengembalikan kelancaran peredaran darah dan mengembalikan siklus menstruasi menjadi normal. Namun satu hal yang perlu Anda ketahui meskipun sedang menstruasi jangan terlalu banyak berolahraga lakukan secara alami dan sesuai porsinya.

Itulah beberapa cara alami mengatasi haid tidak teratur yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda telah mencoba salah satu cara yang disebutkan di atas dan menstruasi Anda masih belum singkat bicarakan dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.