Biar Lebih Awet, Terapkan 5 Cara Merawat Printer di Sini!

1 min read

Walau di zaman sekarang dokumen bentuk digital lebih banyak digunakan, namun printer masih diperlukan untuk berbagai kebutuhan mencetak lainnya, baik bagi para pekerja maupun pelajar. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu tetap menyediakan printer pribadi supaya bisa memenuhi segala kebutuhan mencetak dokumen dengan mudah dan kapan saja. Ada banyak jenis printer yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhan, yang terpenting kamu tahu gimana caranya merawat printer yang tepat dan benar supaya gak cepat rusak. Pasalnya, meski tampak mudah dirawat, perangkat printer juga sebenarnya cukup rentan rusak, lho. Apalagi kalau penggunaannya tidak dilakukan dengan baik, resiko printer rusak pun akan lebih besar nantinya.

Biar printer milikmu tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, coba terapkan lima cara merawat printer yang telah kami rangkum untuk kamu berikut ini!

 

1.Gunakan Printer Secara Berkala

Sumber: pinterest

 

Tau gak sih, printer yang jarang digunakan justru bisa menyebabkan printer cepat rusak, lho. Printer yang jarang dipakai dapat membuat tinta pada cartridge jadi kering dan membuat proses printing-nya jadi terhambat. Nah, maka dari itu, gunakan lah printer secara berkala supaya bisa lebih awet dan performanya tetap bagus.

 

Baca juga: Latar Belakang Terciptanya Genset

2.Hindari Ngeprint Terlalu Banyak

Sumber: pinterest

 

Meskipun kamu mempunyai banyak dokumen yang perlu dicetak, tapi hindarilah melakukan printing yang terlalu banyak di waktu yang sama. Pasalnya ini bisa membuat printer murah cepat rusak karena printer dipaksa bekerja terus menerus. Agar lebih aman, berikanlah waktu beberapa menit pada printer setelah kamu mencetak dokumen, lalu gunakan printer kembali untuk mencetak dokumen tersebut. Dengan begitu, printer kamu pun punya waktu istirahat sejenak.

 

3.Matikan Printer dengan Cara yang Benar

Sumber: pinterest

 

Setelah selesai memakai printer untuk mencetak beberapa dokumen, pastikan kamu mematikan printer dengan cara yang benar, ya. Jangan mencabut kabel printer pada saluran listrik secara langsung. Karena selain berbahaya, ini juga bisa membuat printer jadi cepat rusak. Oleh karena itu, pastikan kamu menekan bagian powernya terlebih dahulu sebelum mencabut kabel printer. Sehingga bisa meminimalisir resiko printer cepat rusak.

 

4.Pastikan Tinta Cartridge Selalu Terisi

Sumber: pinterest

 

Saat tinta pada cartridge sudah mulai habis, segeralah isi kembali tinta, jangan menunggu sampai cartridge kosong. Karena tinta yang kosong dapat membuat head catridge jadi tersumbat. Jadi, selalu cek tinta pada cartridge apakah masih terisi atau tidak?

 

5.Rutin Membersihkan Printer

 

Sumber: pinterest

 

Kualitas yang baik dan harga printer HP atau Canon yang terjangkau tentu menjadi incaran para pelajar yang membutuhkan printer untuk memenuhi kebutuhannya. Biar printer yang sudah dibeli bisa lebih awet, jangan lupa untuk membersihkan printer secara rutin. Printer yang rutin dibersihkan akan membuat kualitas pada hardware printer tetap awet dan bekerja dengan maksimal.

Selain itu, pastikan juga paper yang digunakan tidak berdebu ya. Sehingga roll penarik kertas pada printer terbebas dari debu dan gak cepat rusak. Percuma kan kalau hardware sudah dibersihkan tapi kertas yang dipakai gak bersih? Maka, rajinlah membersihkan printer minimal 2 minggu sekali, dan jangan lupa tutup printer pakai kain ketika tidak lagi digunakan.

Supaya printer kamu tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, rawatlah printer dengan baik seperti menerapkan cara-cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *