Tips Beli Apartemen Untuk Investasi Agar Tidak Rugi

1 min read

Gaya hidup minimalis serta mobilitas tinggi tampaknya menjadi trend generasi masa kini. Alhasil, tidak heran jika banyak yang memilih untuk menempati apartemen daripada tinggal di rumah atau kompleks yang lebih nyaman dan asri.

Jika dibandingkan dengan perumahan konvensional, apartemen memang memiliki nilai daya tarik yang cocok untuk generasi milenial. Misalnya seperti akses yang lebih mudah dijangkau, lokasi strategis, hingga kelengkapan fasilitas yang ditawarkan.

Terlepas dari itu, apartemen saat ini juga kerap dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi. Pemilik bisa menyewakan ruangan apartemen yang sudah dibeli untuk passive income layaknya mengelola kos-kosan.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mulai menjadikan apartemen sebagai bagian dari investasi, kami punya tips dan trik agar apartemen yang Anda beli justru tidak membuat rugi.

 

Tips Beli Apartemen Untuk Investasi

 

1.Memilih lokasi yang Tepat

Lokasi menjadi salah satu faktor kunci dalam investasi properti, tak terkecuali apartemen. Meskipun lokasi apartemen biasanya sudah sangat strategis dan dekat dengan dukungan fasilitas lengkap. Namun, lokasi yang rawan tindakan kriminal serta akses yang sulit bisa jadi deal breaker untuk investasi.

Sebagai contoh, Apartemen di Jakarta Selatan saat ini banyak diminati para penyewa maupun pembeli karena di kawasan ini berdiri bangunan elit. Jika Anda bisa menemukan harga yang pas serta pihak pengembang terpercaya, maka Jual Apartemen di Jakarta Selatan bisa menjadi salah satu opsi terbaik.

2.Pastikan Status Tanah Aman

Apartemen yang bangunannya menjulang tinggi memang sangat cocok di daerah perkotaan. Pasalnya, tipe bangunan seperti ini tidak memerlukan tanah yang lapang untuk berdiri. Kendati demikian, setiap tahun ada saja kasus sengketa lahan dari pihak pengelola bangunan apartemen dengan penduduk asli.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membeli apartemen sebagai kebutuhan instrumen investasi alangkah baiknya jika Anda memeriksa sendiri status hak tanah. Apakah benar-benar dimiliki oleh developer apartemen atau masih bersifat kontrak sewa.

 

3.Pilih Pengembang dengan Track Record Baik

Seiring permintaan apartemen yang semakin tinggi. Jumlah pengembang apartemen pun kian massiv di kota-kota besar. Agar kedepannya tidak menemukan masalah, pastikan Anda sudah mengetahui track record pengembang apartemen, apakah bisa dipercaya dalam jangka panjang atau tidak.

Investasi adalah aktivitas yang membutuhkan waktu selama puluhan tahun. Anda tentu tidak mau uang Anda hangus dibawa kabur oleh pihak pengembang, bukan?

Tips untuk memilih pengembang apartemen yang kredibel sendiri cukup mudah dan gampang. Anda bisa melihat dari portofolio bangunan, testimoni, hingga hasil kerja selama mereka berkiprah di bisnis ini.

 

4.Lebih Cepat Lebih Baik

Sama seperti halnya investasi emas, saham, atau reksadana. Investasi properti sebaiknya juga dilakukan sedini mungkin. Dengan membeli apartemen lebih awal, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Pertama, biasanya harga yang ditawarkan sedikit lebih murah dari harga pembukaan atau launching.

Kemudian, sebagai pembeli awal, Anda juga bisa memilih lokasi dan pemandangan jendela apartemen yang ingin Anda miliki. Berdasarkan pengalaman, pihak pengembang biasanya juga memberikan prioritas untuk para pembeli awal agar mendapatkan bonus menarik.

Jadi, tidak ada salahnya untuk langsung membeli ketika Anda sudah yakin bahwa ingin melakukan investasi ke apartemen yang sudah dipilih.

Itulah tips membeli apartemen untuk keperluan investasi. Semoga Anda tidak salah pilih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *