5 Tip Pengoptimalan Sistem Manajemen Armada untuk Bisnis Transportasi

2 min read

Anda yang berbisnis di bidang transportasi pasti familier dengan sistem manajemen armada. Belakangan, sistem tersebut semakin berkembang dengan munculnya teknologi canggih seperti GPS tracker. Dengan perangkat tersebut, Anda dapat melacak keberadaan transportasi dan menerima laporan terkait penggunaan armada secara real-time.

Sayangnya, masih ada sejumlah penyedia layanan armada yang belum menyadari pentingnya manajemen untuk bisnis mereka. Bahkan usaha berskala kecil masih belum mau menerima GPS tracker karena merasa mampu memantau pergerakan secara manual. Akibatnya, mereka kerepotan saat ingin mengejar pemakaian teknologi. Pelanggan yang cenderung mengandalkan kecepatan pun terancam meninggalkan jasa mereka.

Pentingnya sistem manajemen armada

Lantas, sebesar apa pengaruh sistem manajemen armada? Anda yang mengelola armada kecil riskan menghadapi manajemen risiko buruk yang berpotensi menyebabkan turunnya produktivitas. Profit pun bakal berkurang secara signifikan. Namun, hal tersebut dapat Anda antisipasi dengan mempelajari manajemen armada sebelum membangun bisnis.

Ada sejumlah benefit yang akan Anda rasakan saat mempelajari manajemen armada. Sebut saja mengetahui konsumsi bahan bakar hingga mendeteksi pencurian dan penyalahgunaan kendaraan. Bukan hanya itu, Anda akan lebih mudah menekan risiko kecelakaan melalui pemantauan dan pemeliharaan kendaraan secara berkala.

Optimalkan bisnis dengan manajemen armada

Setelah menyadari pentingnya sistem manajemen armada, Anda akan lebih mudah menyiapkan strategi mengoptimalkan bisnis. Berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan untuk memajukan bisnis armada yang sedang dikelola.

1.Catat biaya dan kebutuhan kendaraan

Menjalankan bisnis pastinya berhubungan dengan biaya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengarsip dan mencatat biaya serta kebutuhan masing-masing kendaraan. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi biaya yang Anda keluarkan hingga mengurangi margin pengeluaran tak terduga.

Catatan yang Anda buat dan simpan baik-baik bukan hanya bermanfaat di akhir. Dengan rekap tersebut, Anda dapat lebih cepat mengambil keputusan dalam situasi urgent, misalnya saja untuk mengganti komponen penting dalam kendaraan yang dipakai untuk bepergian jauh.

2.Bandingkan performa dengan anggaran

Ketepatan waktu serta efektivitas bekerja berlaku dalam berbagai industri, termasuk di antaranya sistem manajemen armada. Dengan membandingkan performa dengan anggaran yang tersedia, Anda bisa meninjau kemungkinan seperti over-budget atau under-budget yang bisa segera diatasi.

Perlu diingat bahwa anggaran termasuk aspek vital dalam menjalankan bisnis. Bisnis berskala kecil maupun besar harus memperhatikan pengaturan dan penggunaannya secermat mungkin. Hasilnya, Anda akan mampu mengoperasikan armada secara sehat tanpa resiko yang mengancam bisnis.

3.Buat prosedur pemeliharaan dan perbaikan 

Seperti yang diketahui, bisnis transportasi sangat erat kaitannya dengan kenyamanan dan keselamatan. Keduanya juga berdampak pada kepuasan pelanggan. Pengoptimalannya sendiri bisa dilakukan selama Anda sudah memegang prosedur yang terjamin.

Oleh karena itu, dalam sistem manajemen armada, Anda harus menyusun prosedur untuk pemeliharaan dan perbaikan kendaraan. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan mencakup usia komponen, penjadwalan, antisipasi kerusakan, hingga tindakan pertama untuk menangani masalah

4.Mengatur penjadwalan armada

Dalam ranah bisnis, transportasi dimanfaatkan untuk sejumlah kegiatan seperti mengirim barang hingga mengantarkan penumpang ke sebuah tempat. Penjadwalan pun diperlukan supaya Anda mudah mengelola keberangkatan armada sesuai waktu yang sudah dipilih pelanggan.

Fungsi lain dari penjadwalan adalah meningkatkan efektivitas armada. Tanpa manajemen yang sesuai, armada akan menumpuk di satu titik dan menyebabkan keterlambatan. Profit yang Anda terima juga akan berkurang drastis karena pelanggan pindah ke tempat lain.

5.Menyiapkan data secara real-time 

Langkah mengoptimalkan sistem manajemen armada yang terakhir terletak pada pembuatan data secara real-time. Kehadiran teknologi dalam GPS tracker adalah salah satu contoh yang bisa membantu Anda menyiapkan informasi akurat dalam waktu cepat.

Kemudian, data real-time akan meyakinkan pelanggan terhadap layanan yang Anda berikan. Pasalnya, mereka dapat memeriksa armada yang dibutuhkan untuk bisnis atau keperluan personal. Anda juga bisa mengambil tindakan cepat saat mendeteksi masalah dari data-data tersebut.

Mengikuti perkembangan teranyar seputar bisnis transportasi adalah langkah lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menunjang langkah-langkah di atas. Dengan begitu, Anda tidak akan bingung atau kesulitan saat mengelola sistem manajemen armada tersebut.

Dimana anda bisa mendapatkan sistem manajemen armada ini? Bhinneka.com meruapakan salah satu solusi yang tepat. e-commerce yang sudah berdiri sejak 1993 ini menghadirkan sistem manajemen armada terbaru yang bisa membantu anda meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan armada logistik anda. Info lebih lanjut, langsung saja kunjungi halaman resmi sistem manajemen armada Bhinneka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *