Uncategorized

Berbagai Hal yang Menyebabkan Penurunan Pendengaran

Biasanya pendengaran menurun seiring dengan perkembangan usia. Namun, jika Anda tidak memperhatikan organ pendengaran sejak dini, bukan hal mustahil jika gangguan pendengaran akan terjadi ketika masih muda. Gangguan pendengaran memang dapat diatasi menggunakan obat atau melakukan operasi.


Namun, jika gangguan pendengaran bersifat permanen, maka cara mengatasinya adalah menggunakan alat bantu dengar modern. Agar dapat mencegah penurunan pendengaran sejak dini, simak beberapa gangguan pendengaran yang sering muncul berikut ini.


Gangguan pendengaran sensorineural

Gangguan pendengaran sensorineural sangat sering terjadi. Gangguan ini ditandai dengan suara yang sulit untuk didengar atau tidak jelas. Biasanya gangguan ini disebabkan bagian dalam telinga seperti saraf koklea dan silia mengalami gangguan. Selain itu, gangguan pendengaran ini juga bisa disebabkan beberapa hal berikut:


• Penuaan. Semakin tua, maka kemampuan telinga untuk mendengar mengalami penurunan. Kondisi ini biasa dikenal dengan presbiakusis.


• Trauma akustik. Pendengaran dapat terganggu karena paparan suara keras dalam waktu yang lama. Suara musik, bunyi mesin atau suara keras lainnya dapat meningkatkan risiko gangguan telinga.


• Perubahan tekanan udara mendadak. Gangguan pendengaran dapat disebabkan perubahan tekanan udara mendadak yang terjadi saat scuba diving, naik pesawat, ataupun terjun payung.


• Penyakit meniere. Penyakit ini menyebabkan vertigo dan tinitus yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran.


Gangguan pendengaran konduktif

Gangguan pendengaran konduktif terjadi saat suara tidak dapat masuk ke bagian dalam telinga. Kondisi ini dapat disebabkan gangguan pada bagian ossicles yang menghambat suara masuk ke koklea, ataupun gendang telinga yang tidak dapat menggetarkan suara. Selain itu, gangguan telinga konduktif juga dapat disebabkan oleh.


• Kotoran telinga yang menumpuk.

Telinga menghasilkan lilin yang membuat telinga terasa gatal. Jika tidak segera dibersihkan kotoran akan menumpuk dan menyebabkan gangguan pendengaran.


• Swimmer’s ear. Air yang masuk ke dalam telinga akan menyebabkan telinga lembab, sehingga mudah terkena infeksi. Jika dibiarkan akan menyebabkan pembengkakan dan pendengaran akan menurun.


• Adanya cairan di tengah telinga. Flu, alergi, dan infeksi telinga dapat menyebabkan cairan menumpuk dan mengganggu kerja tabung eustachius. Hal inilah yang menyebabkan pendengaran menurun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top