Mengenal Software Payroll Serta Manfaat Menggunakannya

1 min read

Karyawan menjadi salah satu aset penting perusahaan. Seiring dengan berkembangnya suatu usaha, semakin meningkat pula jumlah karyawan yang dimilikinya. Mengelola karyawan yang jumlahnya sedikit tentu bukanlah sebuah masalah. Yang menjadi masalah adalah jika jumlah karyawan sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan, apalagi saat mengelola gaji karyawan. Sebagai pemilik usaha, Anda perlu menggunakan software payroll.

Apa Itu Payroll?

Mungkin Anda tidak asing dengan istilah ini namun belum mengetahui arti dari payroll itu sendiri. Software payroll merupakan sebuah sistem administrasi yang digunakan untuk mengelola penggajian karyawan di suatu perusahaan. Payroll ini berbentuk software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah tugas HRD, khususnya dalam mengelola gaji karyawan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, HRD cukup memasukkan instrumen yang digunakan untuk menghitung gaji masing-masing karyawan. Pembayaran gaji karyawan merupakan salah satu tugas HRD yang dikerjakan setiap bulan sepanjang tahun. HRD juga perlu memastikan setiap karyawan menerima upah yang pantas sesuai dengan kinerja dan produktivitasnya. Untuk itulah aplikasi Payroll dibutuhkan.

Fungsi dan Manfaat Payroll

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh software payroll. Beberapa di antaranya yaitu :

  1. Menghitung jumlah gaji dan potongannya
  2. Membuat formulir pajak
  3. Menyimpan data dengan lebih aman

Dengan fungsi-fungsi tersebut, payroll memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. Kehadirannya tidak hanya membantu tugas HRD, lebih dari itu payroll bisa memberikan banyak keuntungan, seperti:

1.Lebih menghemat waktu dan tenaga

Pengelolaan gaji akan memakan lebih banyak waktu jika dilakukan secara manual, apalagi jika perusahaan tersebut memiliki ratusan atau bahkan ribuan karyawan. Tidak hanya memakan waktu, perusahaan juga akan membutuhkan lebih banyak tenaga hanya untuk mengurusi masalah gaji.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik Anda menggunakan aplikasi payroll untuk pengelolaan gaji di perusahaan Anda. Aplikasi ini terbukti mampu menghemat lebih banyak waktu dan tenaga sehingga pekerjaan pun menjadi lebih efektif.

 

2.Efisiensi SDM dan biaya

Menghemat waktu dan tenaga, berarti juga menghemat biaya yang dikeluarkan. Semakin sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk mengelola gaji, semakin rendah beban gaji yang harus dikeluarkan. Meskipun perusahaan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk investasi pada software ini, namun perusahaan telah melakukan penghematan secara lebih besar karena payroll software ini mampu bekerja secara efektif dan efisien.

3.Proses pembayaran gaji menjadi lebih transparan

Software payroll bisa mencetak e-payroll atau slip gaji online. Dengan ini, karyawan bisa mengecek sendiri komponen gaji yang didapatkannya dan jenis potongan yang dibebankan. Penggunaan e-payroll juga dinilai lebih aman karena meminimalisir risiko kehilangan slip gaji cetak.

 

4.Pengelolaan gaji lebih efektif

Sebuah pengelolaan yang dikerjakan secara manual, berpotensi mengalami human error atau kesalahan yang disebabkan oleh manusianya. Beralih ke teknologi mungkin tidak menjadikan hilangnya masalah yang disebabkan oleh human error, namun setidaknya bisa meminimalisir.

Hal yang sama juga berlaku pada pengelolaan gaji perusahaan menggunakan software atau aplikasi payroll. Tenaga HRD yang mengelola gaji secara manual mungkin akan melakukan kesalahan karena kurang teliti. Dengan bantuan software, kesalahan tersebut bisa diminimalisir sehingga lebih efektif.

Demikian fungsi dan manfaat dari penggunaan software payroll. Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, perusahaan yang mau berinvestasi pada software payroll terbaik tidak akan mengalami kerugian. Sebaliknya, kinerja perusahaan akan lebih efektif dan efisien dengan menggunakan aplikasi ini.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *