Apa Internet Marketing

Internet Marketing & Jenisnya

online marketing

Apa Internet marketing atau online marketing yang dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran internet? Secara garis besar internet marketing merupakan cara memasarkan suatu produk atau jasa melalui media online atau internet (Wikipedia). Mungkin di Google anda bisa menemukan banyak sekali web yang membahas tentang topik yang satu ini. Pada kesempatan kali ini saya juga ingin berbagi info tentang apa internet marketing serta apa saja jenisnya. Tujuan utama dari internet marketing adalah meningkatkan penjualan serta penghasilan dari suatu produk atau jasa dengan strategi-strategi tertentu melalui media online.

Orang yang berkecimpung di dalam dunia internet marketing biasa disebut dengan internet marketer. Untuk menjadi seorang internet marketer tidaklah mudah, banyak hal yang harus anda pelajari. Seiring perkembangan internet yang begitu pesat pekerjaan ini mulai ditekuni oleh banyak orang. Jika anda tertarik menjadi sseorang internet marketer ada baiknya kenali dulu apa saja jenis internet marketing itu.

 

Apa Internet Marketing

 

Mari cari tau lebih jauh arti dari apa internet marketing dengan memahami apa saja jenisnya beserta cara kerjanya. Gambar di bawah ini hanya sebagai bahan ilustrasi apa internet marketing sesusungguhnya.

 

internet marketing

Jenis Internet Marketing

 

1. Email Marketing

Jenis internet marketing ini merupakan salah satu yang paling murah, mudah dan efektif. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan email langsung ke pembeli atau calon pembeli. Email yang dikirim biasanya berisikan iklan atau ajakan agar orang yang dikirimi email mau melihat produk serta jasa yang ditawarkan. Target utamanya adalah terjadinya penjualan disamping juga untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu jenis internet marketing yang paling populer karena dapat meningkatkan penjualan secara drastis. Cara kerjanya adalah memunculkan dan meningkatkan posisi sebuah website di dalam hasil mesin pencari secara alami dengan teknik tertentu. Untuk memahami SEO pada dasarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan asalkan anda mau belajar dan mempraktekannya maka secara perlahan anda akan paham.

3. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan jenis internet marketing yang berkaitan erat dengan SEO dan memiliki cara kerja yang hampir sama. Disini kadang banyak orang yang bingun antara SEM dan SEO, bisa saya jelaskan jika SEM dan SEO itu berbeda tekniknya namun memiliki tujuan yang sama yakni mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari sehingga memiliki peluang meningkatkan jumlah calon pembeli. Jika SEO lebih mengarah ke hal mengoptimisasi website secara keseluruhan sedangkan SEM lebih kepada mempromosikan website tersebut di mesin pencari melalui media iklan Pay Per Click (PPC) seperti AdWord.

4. Affiliate Marketing

Jenis internet marketing yang banyak digeluti oleh sebagian Blogger atau pemilik website. Cara kerjanya sangat sederhana yakni anda sebagai affiliate marketer hanya bertugas menjualkan produk atau jasa melalaui media online. Biasanya anda hanya akan mendapatkan komisi jika terjadi penjualan melalui link affiliasi yang anda berikan kepada si pembeli atau biasa disebut Pay Per Action (PPA). Untuk menjadi seorang affiliate marketer yang sukses dibutuhkan sebuah kemapuan SEO yang baik.

5. Social Media Marketing

Social Media Marketing (SMM) merupakan jenis internet marketing yang bisa menjangkau target secara luas. Bayangkan hampir 75% pengguna internet di dunia memiliki akun sosial media. Cara kerja jenis internet marketing ini adalah mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Youtube, Blog (Blogger, WordPress dll), Pinterest dan masih banyak lagi. Selain memiliki jangkauan yang sangat luas Social Media Marketing juga gratis.

6. Website Development

Ini mungkin salah satu jenis internet marketing yang jarang di ketahui orang. Pengembang website bisa saya katakan merupakan jenis internet marketing karena dengan website anda bisa memasarkan sebuah produk atau jasa kepada calon pembeli. Website perusahaan atau Toko Online merupakan media terbaik untuk mengenalkan produk atau jasa yang anda miliki kepada calon pembeli.

Itulah beberapa jenis dari internet marketing yang saya ketahui, semoga dengan mengetahui ini anda juga paham definisi apa internet marketing yang sebenarnya. Sekarang jika ada yang bertanya apa internet marketing? anda akan bisa memberikan jawabannya secara singkat dan jelas. Jika ada pertanyaan seputar internet marketing yang ingin anda ketahui silahkan tinggalkan komentar di bawah.

2 Comments on Apa Internet Marketing

  1. City Hunter // at // Reply

    Saya masih belum paham..

    • admin // at // Reply

      semoga nanti paham gan :)

Leave a comment

Your email address will not be published.

*